google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Liburan Cerdas Dengan Kocek Murah, Ilmu Melimpah - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Liburan Cerdas Dengan Kocek Murah, Ilmu Melimpah


Museum Monjali @snowlife-elisa

Yogyakarta salah satu kota yang menawarkan banyak objek wisata menarik. Banyaknya turis lokal maupun internasional yang menikmati tempat-tempat wisata yang ada di Yogyakarta sebagai lokasi liburan cerdas para pelancong. Tempat wisata yang ditawarkan mulai dari wisata alam, wisata belanja, sampai beberapa tempat wisata yang memiliki nilai bersejarah seperti candi yang sarat ilmu pengetahuan.
Liburan Cerdas saat ini memang penting. Dari segi finansial dan ilmu yang akan di dapatkan dari liburan cerdas di Yogyakarta sebanding. Secara finansial ekonomi Yogyakarta bisa dibilang tiket masuk ke objek wisata tergolong murah meriah. Tidak hanya itu, objek wisata yang tawarkan pun dapat menambah ilmu pengetahuan para pengunjungnya.
Terdapat 30 situs tempat wisata bersejarah di Yogyakarta, meliputi candi, Keraton, dan beberapa peninggalan pada masa terdahulu seperti situs mangir dan gua. terdapat 31 musium yang tersebar di Yogyakarta, meskipun beberapa musium mengalami vakum. Ada 22 objek wisata pantai yang ada di Yogyakarta, dan setiap pantai ini memiliki sejarah dan mitos sendiri-sendiri. Wisata air terjun terdapat sekitar 10 titik lokasi, ada pula tempat wisata belanja di Yogyakarta yang banyak dikunjungi, ada sekitar 7 titik, tempat wisata alam 11 titik, dan ada beberapa tempat wisata lain seperti kebun binatang, wisata rohani dan desa wisata[1].
Dari data di atas menunjukkan hampir setiap sudut Yogyakarta memiliki daya tarik tersendiri. Sekian banyak pilihan wisata, ada yang menawarkan banyak ragam. Banyaknya objek wisata memiliki prokontra. Mulai masalah tempat wisata yang disalahgunakan menjadi tempat-tempat yang tidak benar, misalnya disalahgunakan untuk ajang pacaran, disisi lain lokasi tempat wisata tersebut jika dipelajari memiliki banyak nilai sejarah yang patut untuk di jaga.
Salah satu contoh liburan cerdas yang ada di Yogyakarta, berlibur di musium, candi, bahkan berlibur di pegunungan pun akan bisa menambah ilmu pengetahuan. Salah satu contoh tentang liburan ke gunung purba, dari gunung purba setidaknya menjadi tahu proses terbentuknya gunung berapi saat masih aktif, mengetahui proses dahsyatnya letusan yang merubah teritorial di sekitar gunung, mengetahui kandungan bebatuan setelah ribuan tahun gunung meletus dan gunung sebelum mati. Ini hanya salah satu liburan cerdas.

Candi Boko @snowlife-elisa
Asumsi bahwa liburan cerdas harus ke luar negeri ke disneyland atau ke hollywood, atau bahkan menganggarkan uang pergi keluar negeri dengan kemampuan bahasa inggris yang dimiliki, ternyata tidak menjamin bahwa liburan tersebut dapat mencerdaskan. Liburan cerdas di negeri atau di kota sendiri ternyata tidak kalah menarik. Banyak hal yang masih harus dipelajari dari Negeri sendiri. Sederhana saja, misalnya berkunjung di musium Biologi atau Musium Kayu, cukup mengeluarkan uang sedikit ilmu yang di dapatkan lebih besar. Dari sinilah tahu cara bagai mengawetkan, sejarah berdirinya musium, cara mendapatkan bahan baku dan sampai mengetahui banyak hal. 

Setitip Titik Kota Yogyakarta Memiliki Sejarah
Keberadaan Yogyakarta sebagai kawasan Kerajaan tentu memiliki banyak cerita. Menelisik setiap sudut kota Yogyakarta memiliki sejarah dan ilmu pengetahuan yang patut untuk di musiumkan di dalam ingatan kita. Inilah kenapa liburan cerdas sangat direkomendasikan untuk Yogyakarta. Mulai dari Yogyakarta paling Timur, terdapat kota Wonosari, di sana ada Gunung Gambar yang memiliki cerita sejarah, bahkan keberadaan gunung gambar ini tidak banyak orang yang mengetahuinya. Bergeser ke Utara, akan kita temui banyak candi-candi, mulai candi ratu boko, prambanan, banyu tibo, dan beberapa candi lain. Baik candi yang bernuansa Budha maupun Hindu, semuanya berkaitan dengan nilai sejarah yang tidak boleh di abaikan. Di tengah-tengah akan ditemui Keraton dengan segala pernak-perniknya.
Menikmati keberagaman liburan yang murah meriah namun sarat kekayaan ilmu tidak semua kota memilikinya. Misalnya bangunan di kawasan Malioboro, akan ditemui gedung peninggalan Belanda. Tidak hanya itu, setiap gang di Yogyakarta juga memiliki ke-khasan masing-masing. Romansa seperti inilah kenapa yang menjadi Yogyakarta memang istimewa. Liburan tidak selalu diidentikkan dengan lokasi yang hinggar binggar, mewah, banya permainan tetapi tidak mendapatkan sesuatu yang lebih berharga. Jadi, liburan cerdas tidak harus ke luar negeri atau menghabiskan banyak uang sekedar memuaskan kepenatan. Kepenatan dari aktifitas dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. (Elisa, Tabloid BIAS 2013)


[1] http://yoshiewafa.blogspot.com/2013/05/daftar-nama-tempat-wisata-di-daerah-istimewa-yogyakarta.html
Liburan Cerdas Dengan Kocek Murah, Ilmu Melimpah Liburan Cerdas Dengan Kocek Murah, Ilmu Melimpah Reviewed by Elisa ELisa on Thursday, August 21, 2014 Rating: 5

1 comment:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Liburan Cerdas dengan Kocek murah.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Pariwisata

    ReplyDelete

Sahabat

Powered by Blogger.