google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html PASKIB Sebagai Ajang Bergengsi Pelajar - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

PASKIB Sebagai Ajang Bergengsi Pelajar


Foto : Elisa

Pasukan pengibar bendera menjadi impian para pelajar. dapat terjaring dan masuk di dalam pasukan Paskibraka ternyata menjadi prestasi tersendiri bagi kalangan pelajar. Penyeleksian yang ketat menjadikan Paskibraka ini semakin bergengsi dimata pelajar. Beberapa syarat jika ingin menjadi paskib mulai tes Kesehatan, Tes Pengetahuan fisik, Pengetahuan Berbahasa dan nilai rapot.
Sri Winarsih pelajar SMK Saptosari saat ditemui wartawan BIAS di pantai Ngobaran tanggal 19 Agustus 2013, mengungkapkan keinginannya untuk bergabung dalam pasukan paskibraka. “Kemarin sempat mengikuti seleksi pelatihan Paskibra tingkat Gunungkidul, tetapi tidak terpilih karena tingginya tidak memenuhi syarat” tambahnya.
Senada yang diungkapkan oleh Ayu dari SMA 2 Wates yang kemarin sebagai pembawa Baki di Gedung Agung Kepresidenan Yogyakarta, menjadi pasukan paskib cita-citanya sejak kecil, “Jadi awalnya tidak mengenal paskibraka, dulu hanya sering melihat pengibaran bendera di televisi, baru setelah SMA inilah dikenalkan paskibraka oleh kakak kelas, dan Alhamdulillah tahun ini dipercaya dan terpilih bergabung menjadi pasukan paskibraka mewakili sekolah”, paparnya panjang lebar.
“Pingin jadi seperti mereka, tampil gagah dan menjadi pelajar istimewa. Tetapi sayangnya tinggiku tidak memenuhi syarat”, kata Kiki Riski Ragil Latifah, XI IPA 2 dari SMA Muhammadiyah 5. Berbeda dengan Lily Anju dari SMA N 1 Piyungan yang juga salah satu peserta pasukan Paskibraka tingkat Propinsi, menjadi pasukan paskibraka hal yang membanggakan, menariknya pelajar satu ini bahkan menjadi paskibraka sejak duduk di bangku SMP hingga SMA, mulai dari tingkat kecamatan hingga Propinsi.  “Jika bisa masuk Paskibra Nasional”, harapnya kemudian.
Menjadi anggota paskibra menjadi poin penting juga bagi beberapa orang yang tidak bisa menjadi seperti Lily dan Ayu. Seperti yang diungkapkan oleh Meliana Novitasari dari SMK Saptosari jurusan Teknologi KOmunikasi dan Informatika, melihat pelajar yang masuk dalam pasukan paskib adalah hal yang bergengsi, “selain membanggakan orangtua, juga membanggakan almamater sekolahnya, bahkan wilayahnya/kotanya”, tambahnya.

Arwan guru PKN dari SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta sangat mengapresiasi ajang seleksi Paskib  seperti ini, selain menanamkan semangat nasionalisme juga patriotism. Mengingat nilai-nilai ini semakin banyak anak muda yang tidak mempedulikannya. Begitupun dengan Sumartini, guru PKN dari SMA 10 Yogyakarta juga sependapat dengan bapak Anwar. “Hanya anak-anak pilihan yang bisa berdiri di depan Gedung Agung ini. Semoga mereka bisa mengambil hikmah dari ini, membanggakan  Bumi Pertiwi dan bisa memberikan sumbangsih sesuai dengan kapasitasnya, misalnya menjadi pelajar yang semakin berprestasi”, paparnya panjang lebar.
PASKIB Sebagai Ajang Bergengsi Pelajar PASKIB Sebagai Ajang Bergengsi Pelajar Reviewed by Elisa ELisa on Thursday, August 21, 2014 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.