google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Bangga Masuk Geluti Matematika, Fisika, Dan Kimia - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Bangga Masuk Geluti Matematika, Fisika, Dan Kimia


@Elisa

Matematika, Fisika dan Kimia salah satu  matapelajaran yang sebagian pelajar di Yogyakarta sebagai salah satu jurusan yang menakutkan. Angka menjadi momok beberapa pelajar yang tidak menyukainya, biasannya mereka akan lari ke kelas IPS. Pecinta IPA ternyata cukup banyak, dan ada pula yang lebih mudah belajar menggunakan angka seperti IPA dibandingkan IPS. Seperti yang diungkapkan oleh Luhsita Gading (17 Tahun) yang tidak tertarik dengan pelajaran IPS, “kalo pelajaran yang banyak tulisan itu bikin pusiiing. Harus ada angka-angkanya,” tutur pelajar dari MAN 3 Yogyakarkta.
Anam Hamdan Hasbulloh salah satu pelajar yang memutuskan masuk kelas IPA karena tidak suka dengan hitung menghitung. Pelajar dari MAN Godean ini sengaja masuk kelas IPA karena tidak suka pelajaran Fisika, “biar terbiasa sama Fisika dan biar aku suka sama Fisika. Aku juga udah memikirkan resikonya sebelum memutuskan masuk IPA, dan aku yakin bisa menghadapinya,” Jelas salah Anam yang hobi bermain badminton.

Setiap siswa yang suka dengan MAFIKI (Matematika, Fisika, Kimia) setiap satu orang dengan orang lain memiliki cara sendiri-sendiri dalam belajar. Luhsita, salah satu pelajar yang hobi berenang mengatasi kesulitan belajarnya dengan cara lebih teliti. “Misal sudah yakin sama jawaban/rumus/caranya seperti ini dan itu, tiba-tiba jadi nge-blank gara-gara terlalu PD. Lupa satuan, tidak tahu yang diketahui. Tidak sampai penalarannya. Kejebak sama pengertiannya sendiri dan bimbang,” cerita Luhsita Gading.
Anita Ayu W, dari SMA 3 Yogyakarta memiliki metode belajar sendiri untuk meminimalisir kesulitan dalam belajar. Siswa yang  hobi menyanyi ini dengan cara rutin belajar privat, seminggu tiga kali. Setiap malam belajar rutin di kamar selama tiga jam, “Tahajud akademik yaitu setelah shalat tahajut pukul tiga pagi belajar materi yang diunaskan,” tambahnya. Bagi Luhsita Gading belajar dapat dilakukan dengan cara membaca, memahami dan mencoba. Jadi dibaca terlebih dahulu sambil dipahami. Apabila ada soal hitung-hitungan praktekkan atau kerjakan. Jika perlu membolak balik catatan, kemudian nyoba mengerjakan kembali sampai bisa. Berbeda cara belajar yang dilakukan oleh Anam Hamdan Hasbulloh, cara dia belajar dengan cara mendengarkan lagu mellow. “Soalnya kalo hening banget malah jadi ngalamun,” jawabnya sambil tertawa. (Elisa & Rizan)
Bangga Masuk Geluti Matematika, Fisika, Dan Kimia Bangga Masuk Geluti Matematika, Fisika, Dan Kimia Reviewed by Elisa ELisa on Thursday, August 21, 2014 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.