google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Musium Wanagama Menyimpan Misteri dan Arti - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Musium Wanagama Menyimpan Misteri dan Arti


@snowlife-elisa
Musium Wanaga yang sepi segera bergeliat. Musium yang berada di kawasan hutan Wanagama, Wonosari memiliki keunikan tersendiri. Yustinus Suranto salah satu pengelola musium Wanagama saat ditemui wartawan di Kantornya, Fakultas Kehutanan UGM menuturkan bahwa Musium kayu yang dibangun sejak 1995 selain menyajikan beberapa jenis kayu yang dibentuk dan diawetkan. Para pengunjung dapat mendapatkan pendidikan tentang perkayuan, misalnya umur kayu, cara membuat patung kayu biar awet, cara pemahatannya, mempelajari makna dari patung dan banyak pelajaran lain. “Harapannya musium kayu ini menjadi pusat pembelajaran untuk masyarakat tentang hal-hal yang berkaitan dengan kayu,” tambahnya.
Arti musium Wanagama berasal dari kata “wana” yang memiliki arti Hutan, sedangkan “gama” itu sendiri menunjukkan kepemilikikan fakultas kehutanan UGM. Lokasi Musium yang sedikit menjorok masuk dari jalan Utama Jalan Wonosari Km 18 ini tergolong terpencil. Pengunjung yang mengunjungi musium ini pun tidak banyak dan sepi. Struktur sarana prasarana yang ada di sana pun juga belum lengkap seperti musium-musim yang berada di tengah kota. “Inilah tantangan saya, Saya mulai menginventarisasi, membenahi dan mencari informasi makna koleksi dari patung gupala di sana apa?, dibuat menggunakan kayu apa?, metode apa?. Selama ini masih dalam pencarian. Karena sampai sekarang pun fasilitas SDM dan prasarana tidak ada. Tidak ada kamar mandi juga salah satu kendala, dan sekarang sedang proses pembangunan,” papar Suranto.
Musium Wanagama yang sempat terbengkalai dan tidak terurus selama 7 tahun, hal ini dikarenakan pendiri pertama Musium Wanagama meninggal dunia. Sepeningalannya tidak ada catatan detail tentang musium itu. Baik meliputi tentang bagaimana koleksi di dalam musium itu di perolehnya, maknanya apa, nilainya apa. “yang ada hanya dua lembar kertas yang berisi catatan nama benda itu saja,” tutur Suranto.

Bangunan Musium yang terbuat dari kayu dan memiliki bangunan tempo dulu ini juga salah satu keunikan tersendiri. Harapan ke depan Yustinus Suyanto mampu mengubah persepsi musium dimata masyarakat, tidak hanya terpancang pada musium wanagama saja, tetapi juga seluruh kawasan hutan di wanagama. Jadi musium wanagama kedepannya pengunjung menjadi lebih tahu banyak tentang perkayuan, kembali menghutankan dan mengoleksi berbagai jenis kayu langka.
“Potensi Musium Wanagama saya lihat sangat besar, dalam kaitannya penyelamatan produk lokal rumah tradisi sudah mulai langka, rumah tradisi banyak yang mengalir ke luar Indonesia tanpa ada yang tahu. Orang jawa akan sulit melihat rumah tradisi. Itulah yang nantinya musium ini akan menyimpan nilai yang banyak dan kebudayaan dan peradaban yang tak ternilai,” tegas ahli Kayu dari UGM satu ini saat ditanya perihal tentang Potensi terbesar musium kayu. (Elisa & Finta, Dipublikasikan Tabloid BIAS)
Musium Wanagama Menyimpan Misteri dan Arti Musium Wanagama Menyimpan Misteri dan Arti Reviewed by Elisa ELisa on Wednesday, August 20, 2014 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.