google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Detik-detik Proklamasi Getarkan Hati - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Detik-detik Proklamasi Getarkan Hati

Detik-detik Proklamasi (Foto : Elisa)
Gedung Agung Yogyakarta, pagi 17 Agustus 2013 pukul 09.00 ramai dipadati oleh tamu undangan dan pasukan peserta upacara pengibar Bendera. Dihadiri kurang lebih 18 Lembaga pendidikan terdiri dari SD, SMP, SMA/K dan Perguruan Tinggi. Peringatan Upacara 17 Agustus 2013 dimeriahkan oleh kelompok drum Band dari Adisucipto dan kolosal Opade music dari SD, SMP, SMA/K dan Perguruan tinggi.
Peserta upacara diikuti oleh beberapa sekolah SD sampai Perguruan Tinggi yang ditunjuk oleh panitia penyelenggara. “Peserta upacara yang masuk adalah perwakilan dari masing-masing Instansi pendidikan”, jawab Yuni Khusniati, salah satu Pembina Pramuka Kuarcab yang membawahi semua kuartil Pramuka di Yogyakarta, saat ditanya Wartawan BIAS cara memasuki Gedung Agung ini. Bu Yuni yang setiap tahunnya selalu mengikuti Prosesi pengibaran bendera di Gedung Agun, memberikan kesannya selama mengikuti upacara, bahwa bukan hal yang mudah bisa masuk ke Tempat ini.
Gubernur Daerah Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuono ke X hadir dalam peringatan 17 Agustus 2013. Terlihat gagah duduk di barisan terdepan mengenakan baju putih, beliau selaku inspektur upacara. Kehadirannya memberikan atmosfer yang berbeda dibandingkan dengan pengibaran bendera di tingkat kabupaten maupun di Kecamatan yang lainnya.
Halaman Gedung Agung Yogyakarta yang teduh dan rindang sesekali terdengar kicau burung bercuit-cuit, semakin menambah hidup suasana pengibaran Sang Saka Merah Putih. “Kepada Inspektur upacara, hormat senjata grak!” gelegar salah seorang komando saat memberikan instruksi kepada pasukan peserta upacara.
Kicau burung yang masih bercuit mendadak tidak terdengar lagi ketika suara sirine berbunyi, “Hal yang paling membuatku merinding ketika detik detik proklamasi di kumandangkan mbak, ingat kata buku sejarah di sekolah”, jawab Sarilatri M. Pelajar dari SMA Muhammadiyah 5 yang duduk di bangku IPA 2 kelas XI, saat ditanya Wartawan Bias Seusai Upacara.

Gemayati, pelajar dari Muhammadiyah 5 Yogyakarta, hal yang paling berkesan bukan saat detik-detik proklamasi, melainkan ketika pasukan pengibar bendera memasuki lapangan. “Keren banget mbak, merinding itu ketika paskib berjalan tegap menuju lapangan, kemudian membentangkan sang merah putih. Secara mereka semua adalah pelajar terpilih, dan mereka pastinya yang di situ adalah orang-orang yang berprestasi, bisa masuk di situ tidak mudah”, paparnya diakhir perbincangan (Elisa, Tabloid BIAS 2013)
Detik-detik Proklamasi Getarkan Hati Detik-detik Proklamasi Getarkan Hati Reviewed by Elisa ELisa on Wednesday, August 20, 2014 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.