google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html RUMAH PELANTJONG : Galery Yang Menjual Cindera Rasa - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

RUMAH PELANTJONG : Galery Yang Menjual Cindera Rasa



Salah satu karya seni yang dipajang (foto : Elisa)

Rumah Plantjong kembali mengadakan event. Event kali ini mengangkat pameran lukisan pada 2-16 Oktober 2013. Pameran karya lukisan ini dimeriahkan oleh beberapa seniman ternama seperti Karte Wardana, Sentot Widodo, Yaksa Agus, Ujin Kuru, Yayas, Mintorogo, dan Yusuf Arsyad. Pameran yang ditampilkanpun bermacam-macam. Ada lukisan yang menggunakan tinta China, Cat Minyak, dan Akrilik. “Tuk Tik tak tak tik tuk” adalah nama tampilan seni yang lain dari pertunjukan seni yang lain. tuk tik tak tak tik tuk terbuat dari kayu jati dengan ukiran yang ditata secara tertata rapi.
Rumah Pelantjong sudah beberapa kali mengadakan pameran. Konsep dari rumah pelantjong adalah retail cindera mata dan cindera rasa. Pertamakali masuk di dalam rumah Pelantjong akan di suguhkan oleh cindera mata yang cukup menggoda. Harga yang ditawarkan beraneka ragam. Cindera mata yang dijual mulai dari pernak-pernik kerajinan, aksesoris dan baju. Hasil kerajinan dan pernak-pernik ini merupakan produk UMKM dari usaha mikro, usaha ini sengaja untuk mengangkat perekonomian para pengrajin.
Perbedaan rumah pelantjong dengan penjual cindera mata yang lainnya, di sini pengunjung disuguhkan oleh cindera rasa. Ada yang beda saat reporter BIAS masuk di lantai dua, di sini disuguhkan oleh lukisan yang penuh arti, setiap bulannya terdapat beberapa hal yang baru. Inilah yang kemudian disebut sebagai cindera rasa. Pengunjung disuguhkan oleh banyak rasa.
Keunikan inilah alasan rumah Pelantjong salah satu lokasi yang termasuk rumah budaya. Di tempat ini tidak hanya membuat sebuah konsep galery resmi yang memamerkan berbagai macam miniatur khas Yogyakarta. Tetapi juga mengenalkan kepada para pelancong luar bahwa Yogyakarta salah satu tempat wisata yang recommended.

Soto Yogyakarta dan Teh Pelan salah satu menu yang ada di Rumah Pelantjong. Ternyata pengunjung juga dapat menikmati, sekedar ngeteh di tempat ini. Wahyu Puji Astuti, Pelajar dari SMA 1 Kalasan melihat konsep rumah Plantjong memililiki kekhasan tersendiri. Pelajar yang duduk di kelas XI IPS, meskipun baru pertamakali ada tempat yang di konsep seperti halnya rumah Pelantjong perlu di rekomendasikan kepada pelajar dari luar kota Jogja. “Jadi, misalnya ada sekolah yang berlibur ke Jogja, Rumah Pelantjong dijadikan lokasi untuk belanja oleh-oleh. Dari sinilah, nanti sasaran Cindera Rasa berupa pameran lukisan, maupun pameran seni yang lain lebih mengena. Soalnya setiap kali ada pameran sepi, jadi salah satu caranya bisa seperti ini,” papar Wahyu di akhir perbincangan. (Elisa & Intan, Dipublikasi Tabloid BIAS 2013)
RUMAH PELANTJONG : Galery Yang Menjual Cindera Rasa RUMAH PELANTJONG : Galery Yang Menjual Cindera Rasa Reviewed by Elisa ELisa on Wednesday, August 20, 2014 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.