google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Pertunjukan Oubade Menarik Penguna Jalan Malioboro - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Pertunjukan Oubade Menarik Penguna Jalan Malioboro


@Elisa

Pertunjkan Oubade menyita perhatian setiap peserta upacara. Lagu Oubade  dibawakan dari SD hingga perguruan tinggi. Drs. GPPH Yudhaningrat MM, dari Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Yogyakarta sebagai selaku Penanggung jawab Oubade  Upacara. Terlihat kekompakan Tim, sehingga lagu yang dibawakan cukup memukau. Antusiasme penonton yang melihat di luar pagar Gedung Agung semakin bertambah banyak ketika lagu-lagu Oubade  di pertunjukkan.
Pelaksana Teknis Oubade  adalah kepala seksi kesenian dinas kebudayaan Yogyakarta. pertunjukan Oubade  di dirigenni oleh Sapta Citra M dari SMK Negeri 2 Kasihan Bantul. Banyak alat music yang digunakan dalam kolosal permainan music ini, ada biola, terompet, tuba, dan beberapa alat music seperti bass.
Universitas Atmajaya Yogyakarta juga ikut andil dalam pertunjukan music Oubade , digawangi oleh Lusia I. sebagai Narator. Sedangkan bagian tim orchestra kembali dipegang oleh SMK Negeri 2 Kasihan Bantul. Sedangkan aransemen lagu Oubade  itu sendiri diciptakan oleh Sapta Citra P.
Pertunjukan Oubade  di dukung oleh SD Kanisius Baciro Yohanes Yogyakarta, SD Keputren Yogyakarta, SD Ungaran 1 Yogyakarta, SMP N 1 Yogyakarta, SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta, SMA N 8 Yogyakarta, SMA Santa Maria Yogyakarta, dan beberapa sekolah di Yogyakarta lain. diproduksi oleh Seni Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Foto : Elisa
“Musik Oubade inilah yang khas dan berbeda dengan upacara 17 Agustus di sekolah dan di kecamatan”, kata Rafi Fadila H. dari SMA 10 Yogyakarta. dimana lagu-lagu obade ini identik dengan komposisi cord yang cukup meriah, karena harus memadupadankan berbagai alat music,serta membutuhkan beberapa elemen lain seperti ada Decrescendo, Diatonos, Diminished, dan dirigent.
Pertunjukan Oubade dibawakan sekitar 5 lagu berturut-turut. Oubade merupakan nyanyian atau music yang biasa dibawakan pada pagi hari. oubade juga dapat di artikan sebagai nyanyian cinta yang disampaikan di depan Istana Kemerdekaan, dan hanya dinyanyikan dalam acara kusus seperti memperingati kemerdekaan Indonesia. Inilah alasan kenapa pertunjukan Oubade ini hanya ada saat pengibaran bendera saja, sedangkan pada penurunan bendera tidak pernah ada.
Pertunjukan Oubade Menarik Penguna Jalan Malioboro Pertunjukan Oubade Menarik Penguna Jalan Malioboro Reviewed by Elisa ELisa on Wednesday, August 20, 2014 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.