google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Geluti MAFIKI sejak SMA Agar Mudah Cari Kerja Dan Kuliah - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Geluti MAFIKI sejak SMA Agar Mudah Cari Kerja Dan Kuliah


@Foto : Elisa

Geluti mafiki agar bisa masuk keperguruan tinggi dan mudah mencari pekerjaan. Nilam Widayanti, salah satu SMA N 1 Imogiri berpendapat bahwa ia suka dengan IPA karena memliki peluang untuk meneruskan pendidikan yang lebih tinggi, “Seperti telkom banyak ditbutuhkan dari jurusan jurusan Matematika, Fisika dan kimia (IPA), dan ips gak bisa masuk,” tambahnya.
Ilham Fadhil, SMA 1 Patuk juga mengeluarkan pernyataan yang sama dengan Nilam Widayanti. Pelajar yang berpawakan kalem ini suka dengan mafiki karena faktor peluang. Ilham, sapaannya, dia mengaku pelajaran Matematika, Fisika, Kimia salah pelajaran yang dibilang susah-susah gampang. Dikatakan susah ketika tidak hafal dengan rumus dan jalan keluar mengerjakan soal, dan gampang jika sudah mengetahui kuncinya. “Pentingnya mafiki dalam kehidupan sehari-hari membentuk disiplin dan lebih rajin,”
Nilam, itulah penulis memanggilnya. Siswa yang lahir di Birayang Barat, 17 Juni 1996 berpendapat bahwa banyak para pelajar yang mengalami kesulitan dalam belajar, terutama mafiki, karena banyak rumus yang harus dihafalkan dan dikuasainya. Bagi pelajar jurusan IPS hampir kebanyakan yang mengalami kesulitan belajar Mafiki, begitupun sebaliknya. “Sebenarnya cara mengatasinya saya mengulang mata pelajaran sendiri di rumah, atau mengikuti bimbingan belajar di luar,” katannya.
Nur Aini, salah satu guru IPA di SMK Budhi Dharma juga salah satu guru Fisika di STM Muhammadiyah Piyungan bercerita bahwa mafiki penting dalam kehidupan sehari-hari. “sebenarnya menyenangkan, mungkin yang ditakutkan para pelajar karena banyak rumus dan anak tidak mau repot dengan rumus,” tambahnya. Guru fisika yang difavoritkan siswanya ini memiliki rahasia agar anak-anak menjadi lebih tertarik dan mudah memahami pelajarannya, yaitu dengan cara memberikan soal, “Anak suruh maju tar dikasih poin. Yang lain juga bisa maju biar   poin. Saya buat penjelasan sesistematis mungkin dddan di kasih contoh soal lengkap dengan jawaban  yang bisa dipahami. Kalo tidak pake metode unjuk kerja jadi anak akan lebih tertarik!” paparnya.

Memberikan pelajaran kepada anak tidak harus selalu dilakukan secara formal. Nur Aini menjelaskan bahwa salah satu yang membuat beberapa pelajar tidak suka dngan pelajaran mafiki karena mereka merasa bosan dengan guru, metode penyampian atau bisa juga disebabkan oleh pelajaran itu sendiri. Aini, itulah sebutan akrabnya membeberakan salah satu cara mengajar agar anak menjadi tertarik mempelajari pelajaran itu sendiri dengan cara mengajak guyon siswanya, agar mereka tidak spaneng. “Sederhana saja contohnya, misalnya ada yang ketahuan mainan hp, tanyakan kepada siswa bagimana penjelasannya berdasarkan isi sms yang kamu baca?. Pasti nanti anak-anak akan jadi tertawa. Jadi di kemas sedemikian nyaman buat mereka,” jelasnya diakhir perbincangan. (Elisa, Tabloid BIAS 2013)
Geluti MAFIKI sejak SMA Agar Mudah Cari Kerja Dan Kuliah Geluti MAFIKI sejak SMA Agar Mudah Cari Kerja Dan Kuliah Reviewed by Elisa ELisa on Thursday, August 21, 2014 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.