Taman Bunga Amarilis Patuk : Suguhkan Pesona Kesejukan Mata


Taman bunga Amarilis merupakan suatu tempat wisata dadakan milik pribadi yang mampu menarik perhatian warga Yogyakarta ataupun luar Kota.  Kebun bunga ini terletak di Desa Salam, Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Kebun bunga Amarilis mulai populer dimedia sosial sejak 2015 lalu. Para pengunjung yang berdatangan mulai terhipnotis dengan warna oranye yang bermekaran sangat indah. Tak heran jika taman ini selalu ramai akan pengunjung yang ingin mengabadikan foto bersama bunga yang hanya mekar setahun sekali ketika musim hujan tiba.
       
Foto: Dhea
    
Taman bunga Amarilis tersebut memiliki luas sekitar 2 hektar lebih, bermula dari sebuah keisengan pemilik kebun ( Pak Sukadi) untuk membudidayakan bunga tersebut yang awalnya tumbuh liar di sekitar desanya kini menjadi salah satu tempat wisata yang seakan-akan dinantikan oleh masyarakat. Ia juga berinisiatif untuk menjual bibit bunga itu, berhubung bibit-bibit tanaman itu laris terjual maka ia kembali megembangkan ide kreatifnya untuk mengenalkan kepada publik dengan cara membuka wisata  visit home.
Untuk menikmati wisata kebun bunga Amarilis tersebut tidak terlalu mahal, yaitu dikenakan biaya sebesar Rp.5000,00 setiap pengunjung. Hal yang perlu diperhatikan saat mengunjungi kebun bunga ini ialah pengunjung diharapkan untuk tidak memetik bunga dan tidak menginjak bunga tersebut agar keindahannya tetap terjaga.
            “ Kalau untuk bunganya itu sudah mulai mekar sekitar awal oktober, akan tetapi akan mekar sempurna setelah satu minggu setelah itu. Kami juga melakukan berbagai cara agar pengunjung bersikap tertib dan tidak membuat kerusakan seperti tahun sebelumnya. Dengan cara menempel tulisan larangan untuk tidak memetik dan menginjak bunga itu. Pengunjungnya yang berdatangan dari berbagai kalangan akan tetapi yang mendominasi kaum muda. Biaya yang kami peroleh akan kami manfaatkan untuk memperbaiki tempat wisata ini, misalkan untuk membeli pupuk tanaman ataupaun untuk memperbaiki jalan supaya ketika licin tidak ada yang jatuh. Sehingga para pengunjung masih bisa menikmati liburan mereka walaupun sedang hujan,” Ungkap Sukadi (46) selaku pemilik kebun.
            “Kebun bunga amarilis ini sangat cocok untuk mengisi liburan dihari minggu seperti ini. Dengan tiket yang terjangkau kita sudah bisa menikmati keindahan seperti berada di Belanda. Alasan berkunjung kesini hanya untuk melepas penat dan sekedar ingin berfoto, karena bunga amarilis hanya mekar sekali dalam setahun maka wajib diabadikan,” Jelas Fitri (20) salah satu pengunjung saat ditemui beberapa waktu yang lalu. (Dhea Annisa)


Dipublikasi Tabloid BIAS, Edisi 4, 2017
Taman Bunga Amarilis Patuk : Suguhkan Pesona Kesejukan Mata Taman Bunga Amarilis Patuk : Suguhkan Pesona Kesejukan Mata Reviewed by Unknown on Tuesday, January 22, 2019 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.