Raja Kaya : Sedikit Kata Banyak Berkarya


Seniman asal Yogyakarta Budi Ubrux kembali mengadakan pameran yang kini diadakan di tanah kelahirannya sendiri tepatnya di Taman Budaya Yogyakarta dengan mengusung tema Raja Kaya.
Foto: Krise
“Raja kaya merupakan kata yang cukup familiar di kalangan masyarakat Jawa. Kata ini kurang lebih bisa diartikan sebagai kekayaan. Ia mengatakan masyarakat Jawa dulu sudah merasa kaya ketika punya ayam, sapi, tegalan dan sawah. Di lahan yang dimiliki mereka bisa panen palawija, padi dan hewan peliharaan itu menjadi lambang status. Kalau sudah punyai itu semua berarti sempurna,” ucap kurator pameran, Suwarno Wisetromo.
Namun, sekarang semua sudah berubah seiring dengan pergeseran gaya hidup masyarakat yang cenderung lebih hedonis. Masyarakat kini tidak cukup hanya punya sapi dan sawah, tapi orang-orang butuh mobil bagus, rumah bertingkat, dan tabungan, yang diusahakan dalam jumlah yang melebihi kebutuhan. Pekerjaan sebagai petani tidak dipandang sebagai pekerjaan yang mampu untuk mewujudkan semua keinginan tersebut. Akhirnya beberapa petani beralih ke profesi yang lebih menjanjikan seperti pegawai dan pengusaha.
“Tema raja kaya adalah pernyataan Budi Ubrux dari sudut pandang kritis terkait dengan ironi-ironi yang terdapat dalam hamparan kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan budaya di Indonesia,” kara Suwarno.
Teras dari pameran terpajang wujub patung sapi yang menaiki mobil. Bagian dalam gedung terdapat kandang dengan sapi-sapi yang badanya berlukiskan koran dan hasil kebun. Selain itu di dinding terdapat lukisan-lukisan pemandangan yang lagi-lagi dibumbui gambar wujub manusia dan sapi dengan latar koran. Di samping pintu masuk juga terdapat mobil tempo dulu yang dilukis layaknya mobil yang terbungkus koran.
Pameran yang berlangsung sejak tanggal 18 Juni hingga 31 Juni 2017 sudah dipersiapkan Budi Ubrux selama 1,5 tahun dan dikerjakan sangat serius. Seniman yang tak tamat studi di ISI karena drop out ini juga mengatakan merasa kurang percaya diri berpameran di Jogja, padahal selama ini ia sudah sering pameran di kota lain dan juga di luar negeri.
Seniman yag dikenal pendiam ini mengaku Jogja merupakan tempat tinggal bagi banyak perupa-perupa handal sehingga kota ini menjadi pusat perhatian pengamat seni dan bisa dikatakan sebagai barometer seni rupa Indonesia. “Oleh karena itu saya harus mempersiapkan semuanya dengan sungguh-sungguh,” katanya. Budi Ubrux sendiri dikenal sebagai perupa yang karya-karyanya identik dengan binatang sapi dan koran yang membalut di setiap objek lukisannya. (Krise Lewi Talenta)


Dipublikasikan Tabloid BIAS, Edisi 1, 2017
Raja Kaya : Sedikit Kata Banyak Berkarya Raja Kaya : Sedikit Kata Banyak Berkarya Reviewed by aquaphonik mulyo on Tuesday, January 29, 2019 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.