Bongkar Rahasia Membagi Waktu Untuk Pelajar


Tahun 2018 mulai diterapkan belajar 5 hari, yaitu hari Senin sampai hari Jumat. Khusus hari Sabtu kegiatan formal sekolah libur. Perubahan jadwa belajar sekolah tentu memberikan dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif, memiliki waktu untuk berkumpul dengan keluarga lebih lama. Sebagian pelajar lain, memanfaatkan hari Sabtu untuk mengikuti kegiatan yang sifatnya mengembangkan diri di luar sekolah, misal mengikuti kejuaraan.
Adapun dampak negatif sekolah lima hari bagi siswa. diantarannya akan mengalami kelelahan, tidak memiliki cukup waktu untuk mengerjakan tugas yang mengharuskan dikumpulkan keesokan harinya. Adapun beberapa pelajar yang mengikuti kejuaraan nasional merasa ‘kesulitan’ keluar karena padatnya pelajaran.  Terlepas pengaruh positif dan negatif tersebut, Kamu tetap bisa menjalankan aktivitas dengan normal dengan cara memanajemen waktu. Berikut adalah 5 tips membagi waktu agar semua tetap berjalan lancar tanpa menganggu jam sekolah.
Kenali Jadwal-jadwal padat
Kenali jadwa-jadwal padat kamu. Jadwal padat di sini bisa jadwal padat disekolah apa saja. Misal hari Senin-Jumat padat pelajaran sekolah, maka fokus ke pelajaran sekolah. Jika ada waktu kosong di kelas, bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan tugas atau mengejar ketertinggalan materi di sekolah. Jangan sekali-kali mengerjakan hal lain di saat jam pelajaran sekolah, karena bukan mempercepat pekerjaanmu, justru menghambat.
Membuat daftar list kegaitan
Buat daftar list kegiatan yang kamu ikuti, catat sekaligus jadwal kegiatannya. Jika perlu, tandai kalender agar tidak lupa. Khusus bagi kamu yang memiliki kesibukan mengikuti kejuaraan atau mengikuti organisasi di luar sekolah, buat list kegiatan lebih terperinci, agar membantu dalam menyelesaikan target.
Minimalisir Kumpul-kumpul Tidak Bermanfaat
Hindari kumpul-kumpul dan ngrumpi yang sifatnya tidak bermanfaat. Misal dalam forum rapat OSIS yang tengah mempersiapkan kegiatan tertentu, harusnya rapat kok banyak ngobrol tidak penting, maka tinggalkan. Jika memiliki keberanian, meluruskan kembali tujuan kumpul untuk membahas kegiatan, bukan ngrumpi. 
Disiplin Waktu
Kunci keberhasilan kegiatan yang seabrek adalah disiplin waktu. Disiplin adalah keras pada diri sendiri dan lunak kepada oranglain. Bentuk keras pada diri sendiri misalnya memaksakan pada diri sendiri untuk menyelesaikan PR dalam waktu 1 jam, memaksa diri sendiri untuk latihan dan belajar lebih giat, dsb.
Kerjakan Tugas Sesuai Jadwal
Rahasia semua kegiatan yang seabrek selesai sesuai jadwal dan waktu adalah kemampuan untuk mengerjakan tugas sesuai jadwal. Misal, jadwal sekolah fokus belajar dan menyelesaikan pelajaran sekolah. Sepulang sekolah, misal kamu masih memiliki waktu 3 jam, bisa dikerjakan untuk mengerjakan PR dan essai dari Guru. Di hari Sabtu dapat digunakan untuk menyelesaikan kegiatan atau acara diluar sekolah, misal kamu mengikuti organisasi kepemudaan di kampung, mengikuti atlet olahraga yang menuntut untuk latihan rutin atau sekedar mengikuti les tambahan. Hari Minggunya bisa digunakan untuk refreshing atau tetap digunakan untuk kegiatan nonakademik.

Itulah lima tips membagi waktu bagi pelajar yang memiliki segudang aktivitas dan kegiatan. Prinsipnya, jangan pernah berhenti dan menyerah untuk aktif melakukan kegiatan positif. Yakinlah kegiatan positif yang kamu lakukan sekarang akan kamu rasakan keuntungannya 5 tahun yang akan datang. (Elisa)

Dipublikasikan Tabloid BIAS, Edisi 2, 2018

Bongkar Rahasia Membagi Waktu Untuk Pelajar Bongkar Rahasia Membagi Waktu Untuk Pelajar Reviewed by elisa on Monday, May 06, 2019 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.