Tips Manajemen Waktu


Sekarang tidak pandang, tidak pelajar, karyawan atau orang tua kita sudah pasti memiliki kepadatan beraktivitas. Bentuk aktivitasnya pun macam-macam. Bahkan, pelajar SD sekalipun kini juga memiliki segudang aktivitas yang super padat. Jadi mulai pagi hingga sore selalu ada aja kegiatan yang di habiskan. Lantas apakah mereka memiliki manajemen waktu yang baik?
Mikir cara manajemen waktu (foto: Elisa)
Ternyata tidak semua orang bisa memiliki manajemen waktu yang baik. Alih-alih mengikuti banyak aktivitas juga akan memperoleh hasil yang banyak. Ternyata justru menjadi berantakan. Jadinya tidak ada satupun goal yang diinginkan tertangkap. Kenapa bisa demikian? Jawabannya mudah, itu bisa disebabkan karena terlalu bingung ingin menyelesaikan mana dulu.
Sebenarnya mengikuti aktivitas yang padat bukan menjadi alasan tidak bisa mencapai goal. Sebenarnya goal itu ditangkap kita atau tidak itu tergantung dari kepandaian kita dalam manajemen waktu. Lantas, apa saja sih tips manajemen waktu yang baik dan tepat? Berikut tipsnya.
1.    Catat Jadwal Hari ini dan hari besok
Agar tidak terdistrak dengan kegiatan-kegiatan yang lain, maka tips manajemen waktu yang pertama adalah mencaat jadwal hari ini atau esok pagi. Cara ini cocok buat kita yang merasa tidak memiliki ingatan yang tajam. Jadi mencatat juga bisa melatih memory untuk mengingat loh.
2.    Buatlah Skala Prioritas
Kesalahan yang seringkali dilakukan, tanpa di sadari adalah karena tidak bisa membagi waktu. Akibat tidak bisa membagi waktu, dapat menimbulkan kita menjadi binggung ingin mengerjakan kegiatan atau aktivitas yang mana dulu. Jika kamu merasa binggung, kamu bisa membuat skala prioritas.
Catat semua aktivitas atau tugas yang harus kamu kerjakan. Jika perlu, catat waktu deadline tugas yang menjadi beban kamu. Setelah semua jadwal dan aktivitas tercatat, langkah selanjutnya adalah, lingkarai pekerjaan atau tugas yang paling mendesak terlebih dahulu. Jika kegiatan atau aktivitasmu banyak, lakukan penandaan dengan memberikan angka.
Missal, memberi angka 1 untuk tugas atau aktivitas yang paling segera di kerjakan. Begitupun seterusnya. Jadi, dari sinilah minimal kita tahu mana dulu yang harus kita kerjakan terlebih dahulu. Ini pulalah tujuan dan maksudnya skala prioritas.
3.    Buat Segera Tugas-tugas untuk menghindari Tumpukan pekerjaan yang mendadak.
Kesalahan umum yang lain, kita lebih sering menunda pekerjaan. Kelihatannya sepele, namun hampir sebagian besar kasus penyebabnya hal sepele semacam ini. Oleh karena itu, tantangan besar kita adalah melawan diri sendiri dan disiplin untuk sesegera mungkin menyelesaikan tugas-tugas yang minta segera di kumpulkan.
BACA JUGA 'TIPS MEMBUAT STATUS YANG BERMANFAAT' 
4.     Agar tetap semangat setiap hari, Buatlah Target Masa Depan.
Nah, khusus bagi kamu yang merasa kurang greget dengan aktivitas yang dijalani. Tidak ada salahnya jika kamu membuat deadline atau target. Tujuannya jelas, untuk memicu semangat agar segera selesai. Tentunya, cita-cita dan keinginan kamu tidak sebatas isapan jempol.
5.    Terakhir, Berusaha, Berdoa, Ikhlas.
Tips terakhir adalah, berusaha sekeras tenaga, diiringi doa yang iklas. Karena doa dan usaha yang tulus, tidak akan membohongi hasil. Semisalpun hasil akhirnya jelek untuk kita, pasti itu takdir yang terbaik, dan ada rencana yang lebih manis di depan sana.

“Jika Kau Memberikan Suatu Hal Terbaik untukmu, Tuhan, dan Waktu. Maka Waktu, Usahamu, dan Tuhan Akan Menggantikan Kegigihanmu itu lebih dari apa yang kau berikan untuknya” (Elisa)

Tips Manajemen Waktu Tips Manajemen Waktu Reviewed by elisa on Thursday, May 23, 2019 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.