Jangan Bikin Kontroversi, 5 Cara Bijak Sebelum Memposting Konten di Sosial Media


Sosial media memiliki peran penting untuk membentuk dan memperkenalkan diri ke orang lain. Ada banyak sosial media yang bisa digunakan, sebut saja instagram, facebook, twitter, blog, tiktok, dan masih banyak lainnya. Bagi yang paham akan fungsinya, sosial media bisa menjadi peluang karir dan bisnis yang menarik. Namun jika digunakan secara sembarang dan kurang bijak, sosial media bisa menjadi boomerang untuk diri sendiri.
Foto: Istimewa
Sebagai pelajar, gunakanlah media sosial dengan bijak. Sebab sosial media bisa menjadi cerminan diri yang akan membantumu berkembang dan dikenal orang. Supaya tidak ceroboh dalam memposting suatu konten ke dalam sosial media milikmu, sebaiknya perhatikan 5 hal berikut ini:
Foto atau Video yang Pantas
Sosial media memberikan fasilitas penggunanya Untuk mengunggah foto maupun video sesuai yang diinginkan. Meski begitu pilihlah foto atau video yang pantas dan menarik. Jangan menggunakan foto atau video yang membuat kontroversi. Pilihlah foto yang indah dan informative sehingga pengikut mumendapatkan hal positif setelah melihat postinganmu.
Keterangan yang Sopan
Setelah mengunggah foto sebaiknya tambahkan keterangan yang jelas dan sesuai dengan gambar. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan sopan. Menggunakan bahasa kekinian tidak masalah, asalkan tidak mengandung SARA dan ujaran kebencian yang bisa merugikan orang lain. Karena hal itu berpotensi bisa menimbulkan kerawanan yang mengganggu masyarakat. Tentu unggahan positif dan bermanfaat akan lebih disukai, bukan?
Jangan Emosi
Biasanya orang cenderung posting sesuatu di sosial media ketika suasana hatinya dalam keadaan tertentu, misal ketika sedih, senang, bahkan ketika sedang marah. Ketika suasana hati sedang marah ini sebaiknya dihindari karena postingan pun bisa saja jadi menyakiti orang lain.  Perlu diingat bahwa postingan bernada keras bisa saja langsung di share oleh banyak orang, dan itu tentu tidak baik. Jadi sebaiknya postinglah di sosial media ketika suasana hati sedang dalam keadaan baik dan tenang.
Tidak Hoax
Kalau kalian ingin membagikan suatu informasi pastikan informasi tersebut tidak hoax alias tidak bohong. Sebelum memposting, pastikan informasi yang akan kamu sebar sudah terbukti kebenarannya. Sebab, informasi yang salah hanya akan membuat masyarakat resah dan merugikan banyak pihak.
Informatif
Postingan yang informative tentunya akan bermanfaat bagi semua pihak. Termasuk teman-temanmu. Bagikan postingan yang informatif, dengan begitu postinganmu akan direspon secara positif, entah dengan memberi kata suka atau komentar yang baik pula.

Jadi pesannya, postinglah konten yang baik di media sosial milikmu. Menebarkan kebaikan, akan berimbas pada kebaikan juga, bukan? Selamat mengeksplorasi sosial media dengan bijak! (Novia Intan)


Dipublikasikan Tabloid BIAS, Edisi 1, 2018

Jangan Bikin Kontroversi, 5 Cara Bijak Sebelum Memposting Konten di Sosial Media Jangan Bikin Kontroversi, 5 Cara Bijak Sebelum Memposting Konten di Sosial Media Reviewed by elisa on Sunday, May 05, 2019 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.