google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Budaya Kian Mengistimewakan Yogyakarta - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Budaya Kian Mengistimewakan Yogyakarta

Sebagai kota pelajar sudah pasti banyak pelajar dari berbagai daerah masuk di Kota Gudek satu ini. Semakin banyak dari berbagai daerah masuk ke Jogja, semakin banyak budaya lain juga masuk di Yogyakarta. Sebagian orang yang datang ada yang merusak budaya Jogja itu sendiri, sebagian yang lain justru terbawa dengan budaya yang sudah ada di Jogja. Seberapakah kuatkah budaya Yogyakarta ketika dimasuki dengan budaya-budaya dari daerah lain?
Menurut Salsabila Asary Putri (17), SMA N 1 Yogyakarta, Jurusan IPS berpendapat bahwa, masuknya berbagai budaya akibat dari pelajar perantau yang masuk ke Yogyakarta justru menguatkan kebudayaan kota Yogyakarta itu sendiri. Menurutnya, kedatangan pelajar perantau sebagai penguji, apakakh budaya Jogja akan memudar, atau sebaliknya. “Kedatangan mereka justru menguatkan Yogyakarta untuk siap menghadapi tantangan globalisasi. Anggap saja, budaya yang dibawa Pelajar Perantau sebagai pemanasan sebelum persaingan globalisasi benar-benar datang,” paparnya.
Menurut Putri tentang pelajar perantau yang datang ke Jogja membawa budaya mereka dan merusak budaya Jogja itu bukan salah sistem yang mengaturnya. Tetapi tergantung dari karakakter individu masing-masing. “Soalnya, kalo bukan dari diri sendiri saja tidak ada kesadarana, bagaimana mau budannya terjaga? Jika setiap pribadi memiliki kesadaran masing-masing, secara otomatis budannya juga akan terjaga.” Tambahnya.

Harapan Putri yang diinginkan tentang budaya, penting bagi pelajar untuk menjaga dan melestarikan budaya yang ada saat ini. Jika bukan pemuda saat ini yang menjaganya, siapa lagi? Harapan Putri kepada pelajar perantau di Jogja adalah, silakan datang dan menikmati kebudayaan dan adat istiadat Jogja. “Tapi tolong, jangan seenaknya merusak Yogyakarta. Silakah membawa budaya dari masing-masing tempat tinggal. Tapi, ijinkan masyarakat Yogyakarta untuk dapat mengolah budaya tersebut menjadi budaya baru, tanpa mengesampingkan budaya di Yogyakarta. Budaya baru yang muncul itu nanti dapat untuk menguatkan Indonesia,” jelasnya bersemangat.

Tabloid BIAS | No. 5 | Thn 2015


Budaya Kian Mengistimewakan Yogyakarta Budaya Kian Mengistimewakan Yogyakarta Reviewed by Elisa ELisa on Thursday, January 28, 2016 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.