google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html SEGUDANG AKTIFITAS DAN KREATIFITAS DI GEDUNG BERSEJARAH - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

SEGUDANG AKTIFITAS DAN KREATIFITAS DI GEDUNG BERSEJARAH


Depan SMA 11 Yogyakarta (Foto : Egik)
Siapa yang tidak mengenal salahsatu Sekolah Menengah Atas yang berada di kawasan di jalan AM Sangaji 50 Yogyakarta. Salah satunya SMA 11 Yogyakarta. Nah, siapa yang menyangka ternyata sekolah satu ini memiliki nilai historis sejarah.
Dilirik dari segi bangunan, Gedung SMA Negeri 11 Yogyakarta mempunyai nilai sejarah yang tinggi. Karena gedung SMA satu ini menjadi saksi bisu berjalanya Kongres Budi Utama pada tanggal 3-5 Oktober 1908. Siapa yang mengira bahwa sekolah ini dulu sempat menjadi SMP Negeri 6 Yogyakarta. Tidak hanya itu, gedung bersejarah, berdiri sejak tahun 1897 silam.
Pada awal sejarah pembangunan gedung, hanya mempunyai fungsi sebagai sekolah calon guru jaman Belanda atau sekolah raja. Pada tahun berikutnya terjadi beberapa peralihan fungsi diantaranya sekolah guru, asrama tentara. Hingga pada akhirnya pada tahun 1989 pemerintah mengalih fungsi SPG (Sekolah Pendidikan Guru) menjadi SMA Negeri 11 Yogyakarta.
Tidak semata-mata mengandalkan gedung yang mempunyai historis sejarah. Sampai saat ini SMA ini terus berusaha membuat sejarah pendidikan untuk masa depan lebih baik. Sekolah ini juga bercita-cita SMA Negeri 11 ingin menghasilkan lulusan unggul, memiliki intelektual, santun, integritas, serta memiliki wawasan luas. Para pelajar SMA Negeri 11 dituntut untuk mengembangkan kemampuan akademik bercakrawala global dengan penerapan dan pengembangan kurikul lokal, baik berbasis nasional dan internasional.
Banyak ekstrakuler seperti tekondo, teater, basket, KIR, fotografi, PMR. Masih ada beberapa ekstrakurikuler, tujuan dari ekstra dapat mengembangkan potensi dan kreatifitas peserta didik secara optimal. Tentunya masih berakar pada nilai-nilai budaya nasional, agama, dan sesuai degan beberapa tuntutan global.
Ekstrakurikuler yang bersifat fisik, bertujuan untuk menciptakan sportifitas, kreatifitas dan menciptakan kekeluargaan. Dari kegiatan ekstra fisik inilah, harapannya saat mengikuti suatu perlombaan dapat membangun kerjasama dengan sekolah lain.
Gedung yang bersejarah ini ternyata memiliki banyak prestasi yang telah di raihnya. Beberapa diantara banyak prestasi adalah juara 1 lomba tingkat Nasional, bidang Pengembangan Pendidikan Agama Islam yang diwujudkan dalam KBM. Juara 1 tingkat Profinsi DIY, juara kebersihan lingkungan sekolah. Juara 2 futsal, dalam rangka PORGURKAR tahu 2012. (Elisa, Finta)

Liputan ini dimuat di Tabloid BIAS
Edisi 3, 2012
SEGUDANG AKTIFITAS DAN KREATIFITAS DI GEDUNG BERSEJARAH SEGUDANG AKTIFITAS DAN KREATIFITAS DI GEDUNG BERSEJARAH Reviewed by Elisa ELisa on Friday, December 14, 2012 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.