Membiasakan Zero Plastik Agar Lingkungan Tetap Cantik

Foto: Irukawa Elisa

Zero Plastik – Sampah plastik merupakan Issu lingkungan yang sampai saat ini masih menjadi masalah bagi kita semua. Kesadaran masyarakat terhadap plastik pun masih kecil. Masih banyak orang yang membuat sampah plastik sembarang. Masih banyak juga masyarakat yang menggunakan plastik.

Dalam kehidupan sehari-hari, sulit rasanya menghindari plastik. Hampir semua makanan atau apapun selalu dibungkus dengan plastik.Tidak perlu jauh-jauh, seperti kesaksian Pelajar SMKN 1 Wonosari, Eunike Winaningtyas Prasetya yang masih banyak menemukan sampah plasti di lingkungan sekolah.
Hampir sebagian besar pelaku menyadari bahwa plastik dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Menghindari zero plastik pun tantangan berat. Butuh waktu yang lama agar plastik dapat terurai. Sehingga menganggu lingkungan sekitar. Apalagi ketika melihat orang yang membuang sampah plastik sembarangan, selain karena menganggu lingkungan, tentu saja menyebabkan lingkungan menjadi kotor dan kumuh.
Baca Juga : Budaya Rias Wajah yang Marak Di Kalangan Pelajar!
“Meskipun plastik berdampak negatif, juga ada satu positifnya, yaitu dapat digunakan berkali-kali dan jajanan sampai minuman tanpa wadah plastik itu susah,” ujarnya.
Eunike Winaningtya Prasetya menyadari bahwa kehidupan sehari-hari saat ini terlalu sering bersinggungan dengan plastik. Memang sulit menghindari makanan dan minuman berbahan dari plastik, zero plastik menjadi tantangan. Tapi itu bisa dilakukan. Tujuannya jelas, agar penggunaan plastik tidak berlebihan.
“Lebih baik ketika berbelanja di pusat perbelanjaan atau di pasar menggunakan tas belanja. Intinya, menghindari plastik seminim mungkin,” tambahnya.
Baca Juga: Melek Dunia Maya, Harus Ditingkatkan
Baginya, menghindari itu lebih baik. Karena jika tidak mengurangi penggunaan plastik, akan semakin banyak. Apalagi di sekolah ataupun di rumah, hampir dimana-mana ada plastik. Perabot di rumah juga banyak yang berbahan plastik. Ia pun mencontohkan, misalnya ada baskom, entong, sendok plastik, piring plasti, gelas plastik dan belum semacam pernak pernik seperti sedotan.
   Harapan zero plastik untuk sampah plastik semoga sampah plastik diolah sebaik mungkin dan dijadikan kerajinan seperti kantong plastik dibuat bunga,potongan plastik jadi tas, atau bisa juga limbah plastik sebagai media tanam tanaman dsb. (Aura Agzan, Irukawa Elisa)

Dipublikasikan di Tabloid BIAS edisi 2 | 2019
Membiasakan Zero Plastik Agar Lingkungan Tetap Cantik Membiasakan Zero Plastik Agar Lingkungan Tetap Cantik Reviewed by elisa on Tuesday, March 31, 2020 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.