SMA N 2 Bantul SABET 10 PREDIKAT


SMA Negeri 2 Bantul atau dikenal dengan sebutan SMADABA adalah salah satu institusi pendidikan yang beralamat di Jalan R.A. Kartini, Trirenggo, Bantul, Yogyakarta. Sekolah yang awalnya bernama SMPP Negeri 44 ini berdiri pada tanggal 1 Februari 1975. Dulunya tempat ini merupakan bekas pabrik gula sehingga tak jarang jika orang-orang menyebut dengan sebutan EXSCO (Ex Sugar Company).
SMA N 2 Bantul (Foto: Diki)
Sudah 43 tahun lebih sekolah ini berdiri untuk mencerdaskan para penerus bangsa. Tentunya dengan bertambahnya usia, sekolah ini selalu melakukan pembenahan dalam hal pelayanan dan peningkatan mutu pendidikanya. Hal ini terbukti dengan peningkatan prestasi akademik dan non-akademik yang selalu meningkat setiap tahunya. Selain prestasi siswa, sekolah ini juga memerhatikan peningkatan prestasi dari institusinya sendiri. Hal ini terbukti dengan banyaknya  gelar yang telah diraih oleh SMA Negeri 2 Bantul. Sampai saat ini, ada 10 predikat yang telah dicapai, di antaranya :
1.    Sekolah Sehat Tingkat Nasional
2.    Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan
3.    Sekolah Siaga Bencana
4.    Sekolah Berwawasan Gender
5.    Sekolah Berbasis Budaya
6.    Sekolah Berintegritas
7.    Sekolah Berbasis Riset
8.    Sekolah Berbudaya Literasi
9.    Sekolah Model Penjaminan Mutu Internal
10.  Sekolah Rujukan

Dengan banyaknya prestasi yang telah dicapai baik dari sekolah ataupun peserta didik, diharapkan SMA Negeri 2 Bantul dapat menjadi sekolah yang patut dibanggakan. Kepala sekolah SMA Negeri 2 Bantul menuturkan bahwa walaupun banyak predikat yang telah diraih, SMA Negeri 2 Bantul tidak  puas begitu saja karena dengan predikat yang banyak tentunya tanggung jawab untuk mempertahankan predikat yang telah diraih itu susah dan beliau juga menuturkan bahwa SMA Negeri 2 Bantul  akan tetap berusaha memperbaiki apa yang dirasa masih kurang sehingga SMA Negeri 2 Bantul memang dapat menjadi institusi terdepan di dalam dunia pendidikan.
Sekolah ini menekankan pada pembentukan karakter siswa yang mencerminkan budaya Jawa. Walaupun pesatnya perkembangan zaman, SMA Negeri 2 Bantul sebisa mungkin akan menanamkan kepribadian yang mengacu pada tata krama budaya Jawa. Dengan begitu, diharapkan siswa tetap memiliki kepribadian Jawa akan tetapi tetap masih mengikuti perkembangan zaman. (Diki)

SMA N 2 Bantul SABET 10 PREDIKAT SMA N 2 Bantul SABET 10 PREDIKAT Reviewed by Unknown on Wednesday, April 17, 2019 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.