Perkuat Iman Melalui Novel: Bidadari Bermata Bening



Penulis            : Habiburahman El Shirazy
Tahun              : 2017
Penerbit           : Republika

Pesantren kanzul ulum yang berada di daerah magelang menjadi setting utama novel ini. Walau begitu, nanti di bab-bab selanjutnya setting akan berubah di daerah Purwodadi dan nanti juga ada setting di Bogor bahkan ada yang luar negeri.Disini kegiatan santri perempuan akan begitu terasa. Namun disini, sudut pandang bukan dari santri pada umumnya tetapi lebih dari itu yaitu santri yang merangkap menjadi khadimah (pembantu) pesantren. Konsep pesantren modern hanya saja di pesantren ini masih mengandalkan pelajaran kitab kuning. Istilah-istilah dalam kitab kuning sesekali muncul juga dalam novel ini.
Tokoh utama dalam novel ini bernama Ayna. Perempuan kuat yang selalu memegang teguh nilai-nilai Islam dalam dirinya. Banyak sekali penderitaan yang akan dilalui oleh perempuan ini. Pembaca juga disini akan banyak simpati dan merasakan apa yang tokoh utama rasakan. Saat sedih hati ikut sedih, saat gembira hati ikut gembira. Penggambaran perasaan yang dilukiskan benar-benar terasa.
Banyak sekali nilai-nilai yang terselip dalam novel ini, utamanya nilai-nilai Islam. Khas dengan novel-novel Habiburrahman, yang selalu akan mengajarkan nilai-nilai Islam yang jarang diajarkan di sekolah Islam. Selain itu, ternyata ada juga kritik sosial yang diselipkan di novel ini, misalnya sikap orang yang memiliki kelebihan harta terhadap orang yang memiliki kekurangan, penipuan terhadap orang-orang yang baru datang dari kampung, dan juga masalah umur dalam pernikahan. Tak hanya itu, disini juga ada kritik politik, tentang bagaimana orang politik bersikap angkuh dan menghalalkan segala cara.
Dibagian akhir novel ini banyak hal-hal yang tak terduga. Penulis terasa sengaja memberi detail kecil diawal supaya pembaca dibuat lupa dengan detail itu kemudian detail kecil itu diingatkan lagi dengan hal yang mengejutkan. Jadi jarang sekali detail kecil yang hanya tempelan, semuanya saling terhubung. Seperti yang sudah disebutkan di awal novel ini, novel ini selain bagus di penggambaran setting dan perasaan tokoh selain itu nilai-nilainya itu yang membuat hati ini jadi lebih tenang, jadi lebih kuat dalam menghadapi masalah, jadi lebih mengerti Islam secara mendalam. (Krise Lewi)

Dipublikasi Tabloid BIAS, Edisi 3, 2017

Perkuat Iman Melalui Novel: Bidadari Bermata Bening Perkuat Iman Melalui Novel: Bidadari Bermata Bening Reviewed by Unknown on Saturday, January 26, 2019 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.