google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Pertunjukan Nini Thowong Simbol Menjaga Kedaulatan Pangan - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Pertunjukan Nini Thowong Simbol Menjaga Kedaulatan Pangan

Festival Memedi Sawah dimeriahkan oleh beberapa rangkaian acara. Tahun kali ini bekerjasama dengan banteng Vredeburg.  Kegiatan ini berlangsung selama lima hari, terhitung sejak tanggal 1 hingga 5 September 2016. Nia, selaku edukator Museum Tani Jawa sangat menyambut ivent ini dengan senang.
Pembukaan dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Umar Priyono. Sambutan dari pihak masyarakat sendiri sangat luar biasa. Terlihat beberapa tamu penting dari pihak hotel Ibis, Duta Museum 2016 dan pelajar dari beberapa sekolah di Bantul juga turut serta meramaian festival pembukaan Memedi Sawah.
Dewi Nur Rohmania, edukator Museum Tani Jawa menerangkan bahwa acara inti dari festival memedi sawah jatuh di hari Sabtu, 02 September 2016. Salah satu daya tarik museum satu ini adalah pertunjukan memedi sawah dan Nini Thowong. Pertunjukan Nini Thowong selalu disertai dengan music, dan gejlok lesung. Nini Thowong adalah boneka buatan, yang disolek seperti manusia. “Biasannya, sehari sebelum pertunjukan Nini Thowong akan dilakukan ritual, dan disolek oleh kaum perempuan desa Candran,” cerita Nia.
Sambil memperlihatkan Nini Thowong di museum Tani Jawa, Nia menceritakan, ternyata di Yogyakarta hanya ada dua tempat yang masih menggunakan Nini Thowong. Salah satunya di desa Candran. Jaman dahulu, Nini Thowong dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat untuk bertanya obat mengobati warga yang sedang terkena penyakit. “Kalo disini, untuk pertunjukan, kebudayaan, dan hiburan,” tambahnya.
Pertunjukan Nini Thowong tidak hanya memperkenalkan tentang atraksi Nini Thowong ketika dimasuki mahluk halus. Secara tidak langsung juga memperkenalkan gejok lesung, yang notabenenya sekarang di Jogja tinggal sedikit yang masih menggunakannya. “Nini Thowong simbol menyerukan seluruhnya untuk menjaga kedaulatan pangan,” ujarnya, setelah panjang lebar bercerita. (Elisa)

Pertunjukan Nini Thowong Simbol Menjaga Kedaulatan Pangan Pertunjukan Nini Thowong Simbol Menjaga Kedaulatan Pangan Reviewed by Elisa ELisa on Saturday, January 28, 2017 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.