google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html KARNAVAL BUDAYA SELENDANG SUTRA : Meramaikan Hari Museum Indonesia - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

KARNAVAL BUDAYA SELENDANG SUTRA : Meramaikan Hari Museum Indonesia

Karnaval Budaya Selendang Sutra dimeriahkan oleh 18 peserta, yang terdiri dari kabupaten Kulonprogo, Bantul, Gunungkidul, Sleman dan kota Yogyakarta. Karnaval yang dimeriah pada Kamis 6 Oktober 2016 diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Museum Indonesia, yang jatuh pada tanggal 12 Oktober 2016. Karnaval ini pertamakali diselenggarakan, dan pertamakalinya digelar untuk meramaikan hari Museum Indonesia.
Dalam rangka merayakan hari Museum Indonesia, Dinas Kebudayaan DIY(Disbud DIY) hadir turut mendukung kelancaran karnaval. Latar belakang karnaval Menyambut Hari museum, menurut Umar Priyono, selaku Kepala Disbud DIY adalah memberikan kesempatan dan wadah kepada pelajar dan mahasiswa yang ada di Jogja. Jogja sebagai kota pelajar diharapkan mereka juga belajar juga kehidupan masyarakatnya. “Ini adalah contoh nyata kolaborasi pelajar, mahasiswa dengan masyarakat, dan sambil mengenalkan potensi yang mereka miliki,” papar Umar ketika ditemui disela-sela acara.
Selain dimeriahkan oleh beberapa kota, juga dimeriahkan oleh Ikatan Pelajar Mahasiswa Daerah (IKPMD). Tampak dari peserta mempertontonkan potensi yang mereka miliki. Salah satunya dari Sleman, Badui Sabilul Muslimin yang mempertontonkan tradisi Badui, dimana peserta melakukan gerakan atraktif, kompak dan bersinergi, sambil diiringi lagu khas mereka.
Karnaval juga diikuti oleh Duta Museum 2016. Dimana mereka sebagai duta museum memiliki peran untuk memperkenalkan, mendekatkan museum ke masyarakat luas. Sekaligus memperkenalkan bahwa museum sebagai tempat yang menyenangkan untuk belajar, mengenal sejarah, budaya Yogyakarta.
Harapan Paskalia Siwi (23) sebagai Duta Museum 2016, di hari Museum Nasional, Ia berharap masyarakat bisa lebih dekat dengan museum, mengenal museum, karena ada pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang. “Jika masyarakat sudah mengenal museum, masyarakat bisa timbul rasa memiliki dan mencintai,” paparnya. Ia pun menambahkan bahwa sebagai warga Yogyakarta patut berbangga, karena museum terbanyak ada di Yogyakarta, setidaknya ada 45 museum yang ada di Yogyakarta. (Elisa, Dhea)
KARNAVAL BUDAYA SELENDANG SUTRA : Meramaikan Hari Museum Indonesia KARNAVAL BUDAYA SELENDANG SUTRA : Meramaikan Hari Museum Indonesia Reviewed by Elisa ELisa on Friday, November 11, 2016 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.