google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Ikuti Kehidupan Idola Lewat Medsos - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Ikuti Kehidupan Idola Lewat Medsos

Menurut Baron dan Byrne (2003) dalam buku psikologi sosial mengupas tentang terjadinya perubahan perilaku disebabkan karena mengikuti tokoh idola yang dikaguminya. Sebelum mencapai titik mengikuti perilaku sang idola, ada beberapa hal yang dilakukan, seperti update perkembangan sang idola lewat kehidupan keseharian mereka. Seperti pendapat siswi dari SMK N 7 Yogyakarta, Lilis Widi Erna Wati, selalu mengikuti perkembangan sang idola di media sosial.
Foto : http://bit.ly/2jyVWJe
Lilis, pelajar jurusan Pemasaran, kelas 11 mengidolakan Mohammad Ali Syarieh (Aliando). Alasan Ia mengidolakan Aliando, karena menurutnya ia seorang aktor muslim yang rajin beribadah, sebagai the best drummer, pendai membuat lagu dan instrument. “la itu bisa main drum, keren pokoknya,” tambahnya.
Tidak jauh beda dengan siswi SMA Santo Mikael Sleman, Christina Septiana Prasetyani. Ia mengidolakan Coboi Junior sejak Ia kelas 6 SD. Christin juga tidak pernah meninggalkan media sosial, seperti Facebook, IG dan twitter, untuk mengikuti update terbaru idolanya. “Aku juga tanya-tanya ke para fans Coboi Junior yang saya kenal,” ceritanya, tidak ingin ketinggalan. Alasan pelajar yang masih dibangku XI jurusan IPA lebih condong pada ketampanan para personilnya.

Jika Christina Septiana Prasetyani dan Lilis Widi Erna Wati mengidolakan sang idola sebatas update dan mengikuti perkembangan lewat jejaring sosial. Maka, berbeda dengan teman Lutfi Alfian Timur, SMA 1 Lendah, Kulonprogo. Ada beberapa temannya yang fanatik dengan idolanya, yang mendorong terjadinya perubahan sikap, perilakunya. “Ya perilakunya mendukung idolanya, sampai-sampai warna kesukaan Idola diikutinya,” cerita siswa kelas 10 E. (Linda, Elisa)

Dipublikasi Tabloid BIAS | Edisi 4 | Th. XXI | 2016
Ikuti Kehidupan Idola Lewat Medsos Ikuti Kehidupan Idola Lewat Medsos Reviewed by Elisa ELisa on Wednesday, January 11, 2017 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.