google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html BAKPIA DAY : Ajang Ucap Syukur - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

BAKPIA DAY : Ajang Ucap Syukur

Berkunjung ke kota Yogyakarta, tidaklah lengkap tanpa mengunjungi sentra bakpia yang berada di kawasan Kelurahan Ngampilan. Namun kali ini ada sedikit berbeda dari hari biasanya, gunungan bakpia dalam ukuran besar mengundang perhatian banyak orang di kawasan itu. Bahkan hiruk pikuk orang-orang dengan kostum yang beraneka ragam serta tabuhan musik tradisional membuat suasana makin riuh dan semarak.
Ya, hari itu memang berbeda. Satu hari pada tiap tahunnya membuat ageda ini menjadi mengesankan bagi banyak orang. Bakpia Day, agenda yang rutin di adakan setiap bulan September, dimana acara ini adalah perwujudan rasa syukur warga Kelurahan Ngampilan yang didominasi oleh para produsen bakpia. Paguyuban Kesenian Kelurahan Ngampilan dan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan DIY menggandeng para produsen bakpia untuk mengadakan pentas seni dan budaya yang diakhiri dengan pawai budaya dan Gunungan Bakpia.
Tidak hanya itu, adanya Bakpia Day atau bisa disebut  dengan merti bakpia, juga diharapkan dapat mempererat kebersamaan  antara warga asli Yogyakarta dengan warga keturunan Tionghoa yang tinggal di Ngampilan. Hal tersebut ditegaskan oleh Wagiman P. W. (63) sebagai ketua panitia Bakpia Day 2016. " Dengan acara ini akan tercipta keharmonisan dan kerukunan sesama warga Ngampilan yang terbingkai dalam keselarasan budaya." ungkapnya.
Sedikit mengulas tentang asal usul bakpia, bakpia sebenarnya bukanlah makanan yang berasal asli dari Yogyakarta, melainkan berasal dari China. Di negara asalnya, Bakpia memiliki nama asli Tou Luk Pia yang secara harafiah berarti kue yang berisi daging. Meskipun berasal dari China, Bakpia yang ada di Yogyakarta telah mengalami adaptasi rasa dan evolusi bentuk yang disesuaikan dengan lidah masyarakat lokal. Bakpia yang ada di Yogyakarta tidak lagi berisi daging, melainkan berisi kacang hijau.
Diikuti oleh 13 Rukun Warga, membuat Bakpia Day semakin meriah. Bagaimana tidak, event taunan yang sudah berlangsung lima tahun berturut-turut ini melibatkan produsen bakpia khususnya di kelurahan Ngampilan. Lebih dari 150 produsen bakpia ikut serta dalam agenda Bakpia Day. Meskipun diakhir acara diguyur hujan deras, tidak mempengaruhi antusias warga. Bahkan semarak pawai mengelilingi kelurahan Ngampilan di dukung dengan adanya gunungan besar yang terdiri dari sepuluh ribu bakpia. Ditambah gunungan yang terdiri dari 3500 bakpia.

Bangunteki Maryani (52) selaku panitia mengungkapkan ada misi tersendiri untuk memperkenalkan bakpia ke tingkat nasional. Selain itu, terdapat makna filosofis wujud syukur terhadap Tuhan YME yang diwujudkan dengan tumpeng dan gunungan bakpia sehingga masyarakat luas dapat merasakan nikmatnya. "Event ini bakpia dapat diketahui banyak orang sehingga meningkatkan penjualan dan meningkatkan perekonomian UKM di kampung Ngampilan," tuturnya.  (Intan, Elisa)
BAKPIA DAY : Ajang Ucap Syukur BAKPIA DAY : Ajang Ucap Syukur Reviewed by Elisa ELisa on Monday, January 30, 2017 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.