google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Nicin, Hilangkan Rasa Sakit Sengatan Lebah - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Nicin, Hilangkan Rasa Sakit Sengatan Lebah

Foto ; ilmupengetahuanumum.com

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) hadir menjadi solusi. Jauh sebelum Indonesia merdeka, Indonesia sudah mengenal iptek untuk mempermudah kehidupan dalam keseharian. Pada masa penjajahan, Belanda menggunakan pistol sebagai alat perlawanan menyerang pribumi, sedangkan prajurit pribumi menggunakan bambu runcing sebagai alat perlawanan. Pistol sebagai bentuk konkrit dari penemuan iptek modern, sedangkan bambu runcing sebagai iptek dalam bentuk tradisional. Jadi, iptek tidak selalu berbau dengan teknologi canggih dan modern. Tidak jauh berbeda dengan temuan Aisyah.

Berbicara soal iptek yang masih berbentuk sederhana, Aisyah Lusi Herawati, siswa dari SMAN 1 Kalasan, Jurusan IPS, kelas X, juga menemukan iptek sederhana namun memiliki manfaat luar biasa. Anak pertama dari dua bersaudara ini menemukan bahwa nicin dapat digunakan untuk menyembuhkan dan mengambil sengatan lebah tanpa merasakan sakit yang luar biasa. “Rasannya agak sedikit perih di awalnya, setelah itu tidak merasakan sakit sama sekali. Uniknya, sengatan lebah bisa dengan sendiri keluar dari pori-pori kulit,” jelas Aisyah.
Aisyah sapaannya, menemukan trobosan ini sejak duduk di bangku SMP, kelas tiga. Penemuannya diikutkan lomba dan berhasil lolos hingga tingkat Provinsi. Penelitian sepelajar tingkat Propinsi ini muncul berawal dari pengalaman yang Aisyah alami sendiri. Suatu hari, saat Aisyah bermain di halaman rumah bersama teman-temannya, ia tersenggat lebah. Ayahnya segera datang dan mengobatinya dengan nicin. Efek dari nicin yang ditaburkan ternyata langsung memberikan reaksi cepat. “Beda mbak kalo tersengat tawon diobati dengan balsem, efek sakitnya lebih terasa, dan biasannya tetap akan mengalami pembengkakan dan merasakan rasa sakit,” tambahnya.

Aisyah menyayangkan dengan penelitiannya. Ia tidak melakukan penelitian lebih dalam mengenai penemuannya. Misalnya, meneliti lebih dalam kandungan nicin dan belum sempat melakukan uji reaksi antara kandungan nicin dan racun pada lebah itu. Ia menuturkan bahwa hal tersebut dikarenakan terkendala pada laboratorium yang belum memadai. Meskipun demikian, penemuan iptek yang  Aisyah temukan, berharap masih bisa dikembangkan.

“Sebenarnya, banyak sekali Iptek hasil dari penemuan-penemuan anak-anak Jogja mbak. Kemarin ada juga teman-teman yang menemukan semir sepatu bisa menggunakan kulit pisang,” cerita Aisyah di akhir diskusi mengenai Iptek.
Nicin, Hilangkan Rasa Sakit Sengatan Lebah Nicin, Hilangkan Rasa Sakit Sengatan Lebah Reviewed by Elisa ELisa on Friday, January 08, 2016 Rating: 5

2 comments:

Sahabat

Powered by Blogger.