Moralitas Pelajar kepada Guru


Pendidikan merupakan jembatan untuk mencerdaskan penerus bangsa, pendidikan memiliki peranan yang penting dalam kemajuan negeri ini. Akan tetapi, kondisi pendidikan saat ini sangat memprihatinkan, dimana moral dan sopan santun peserta didik yang sangat rendah. Hal ini tentunya didasari karena kurangnya etika dan moral dari para pelajar itu sendiri. Maka dari itu, perlu adanya peningkatan sikap moralitas kepada para pelajar, mulai dari sapaan yang diberikan kepada para guru.
Foto: Fanny K.
Moch Angga Ramadhan (16) yang bersekolah di SMK N 1 Yogyakarta mengaku selalu melakukan 5s yaitu sapa, salam ,senyum, sopan, santun. Ia bercerita bahwa jika bertemu guru di jalan atau dimana saja kita harus saling menyapa karena guru adalah seorang pahlawan tanpa tanda jasa tidak harus sama guru juga jika bertemu siapapun di jalan kita harus menghormatinya.
Menurut Angga menyapa guru bukanlah hal yang sifatnya memaksa, karena guru sebagai orang tua di sekolah dan jasa guru ke itu pun juga besar. “Guru membagikan illmunya bagi para penerus bangsa, setidaknya kita harus menghormatinya jadi kenapa harus rugi kalau kita menyapa guru,” tegasnya.
Baca Juga: Kegiatan Seabrek, Sekolah Jalan Terus 
“Kita ini kan berada di negara yang berkembang sebagai anak penerus bangsa saya berharap kita harus bisa untuk membawa Indonesia ke masa depan yang baik. Jadi pelajar harus mempunyai tingkat rasa percaya diri yang sangat tinggi, dan anak-anak pelajar yang ada di Indonesia harus berfikir bagaimana untuk hari esok supaya lebih baik dari hari sebelumnya,” ungkap Angga yang hobi bermain futsal.
Menurut Delvia Anniaa Setyardi (17) siswi SMA Santo Mikael Sleman, tetap harus menyapa guru walaupun di luar sekolah, karena lebih sopan jika tetap menyapa guru walaupun tidak bertemu di sekolah langsung. Delvi berharap semoga banyak siswa siswi yang selalu menghargai guru karena di Indonesia saat ini darurat krisis moralitas
Baca Juga : Multiperan Pelajar Sebagai Pondasi Bangsa
“Saat bertemu dengan guru pastinya selalu mengucapkan salam dan ngobrol sedikit. Mengucapkan salam, menurut saya sudah menjadi hal yang sudah terbiasa,” ucap Samudra Satya (16) dari SMK N 1 Yogyakarta. (Linda)
Dipublikasikan di Tabloid BIAS edisi 1 | 2019

Moralitas Pelajar kepada Guru Moralitas Pelajar kepada Guru Reviewed by elisa on Tuesday, April 28, 2020 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.