Dasar Pancasila Dimata Pelajar Jogja


Menurut Abdul Azis (17) SMK PERKEBUNAN MM 52 Yogyakarta, pancasila adalah dasar negara, Indonesia. Pancasila adalah dasar negara, karena Pancasila adalah patokan hidup berbangsa dan bernegara di Indonesia.
“Apabila pancasila dapat terus diterapkan maka tujuan yang akan di capai iyalah kesamaan akan ke dudukan di depan hukum dan pemerintahan, dan keikatan kekeluargaan yang kuat saling nyemagatin demi kepentingan bersama,” ujar Abdul.
Abdul juga mengatakan bahwa kegiatan yang mengandung nilai-nilai Pancasila di sekolahnya ialah selalu memperkuat ikatan kekeluargaan antara siswa, guru, alumni,dan masyarakat sekitar, setiap Senin dan hari-hari besar selalu upacara bukti partisipasi warga sekolah dan rasa nasionalisme terhadap bangsa Indonesia,dan kegiatan keagamaan dan sosial. Ia harap sebagai pelajar Yogyakarta ialah selalu menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dengan kita menjujung tinggi Pancasila semua akan baik-baik saja.
Sama dengan Dea Rantika (17) siswi dari SMK PERKEBUNAN MM 52 Yogyakarta, ia mengungkapkan bahwa pancasila adalah dasar negara yang dijadikan patokan untuk menjalankan suatu aktivitas di kehidupan negara yang demokrasi ini. Karna dalam pancasila memiliki beberapa moral yang juga terdapat di kitab2 bahkan di ajaran agama islam.
Baca Juga: Pameran Lukisan Kaca, Berkaca pada Kaca : Melestarikan Seni dan Budaya Leluhur Agar Tak Punah
“Saya berharap dengan adanya Pancasila, pilar-pilar dalam Pancasila harus dijalankan dengan tepat dan tidak bertentangan, kemudian kehidupan yang demokratis tanpa menindas.
Berbeda dengan pendapat Siswi SMAN 1 kalasan, Faza Nur’aini, baginya Makna pancasila adalah untuk pedoman dalam berperilaku contohnya pada sila ke-1 yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa itu menjadikan pedoman untuk berperilaku dalam beragama seperti beribadah tepat waktu, menghormati agama lain, dan bebas melaksanakan ibadah sesuai ajaran agamanya. Dia sangat hafal pancasila dikarenakan sering diucapkan saat upacara bendera di sekolah.
Menurut siswi yang duduk di kelas XI jurusan IPS 1 Pancasila sangat penting bagi kehidupan remaja karena pancasila menjadi pedoman dalam berperilaku di kehidupan sehari-hari. Sampai kapanpun pancasila akan tetap ada dan tidak bisa dihapuskan oleh siapapun dikarenakan pancasila adalah dasar negara Indonesia.
Baca Juga: Jogja Internasional Street Festival : Menyatukan Perbedaan Dalam Tudung Seni dan Budaya
Mengamalkan pancasila adalah dengan diterapkannya setiap hari seperti melakukan hidup hemat, tidak membedakan teman,perbedaan ras, etnik dan agama, mempunyai sikap tenggang rasa seperti yang tercantum dalam sila ke-2. Pancasila masih relevan di era milenial karena sifatnya yang terbuka, partisipatif, dan penuh kedamaian sehingga cara berperilaku kita harus sesuai dengan pancasila kita juga tidak bisa merubahnya dengan ideologi lain.
Pancasila bukanlah sesuatu yang hanya sekedar dihafalkan di luar kepala tetapi harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Ia mengamalkan pancasila sejauh yang ia pahami dan pelajari di sekolah. Ia mengatakan jika sudah mengamalkan kelima sila pancasila tetapi belum sepenuhnya di laksanakan semua dalam kehidupan sehari-harinya. (Linda, Windi Astuti)

Dipublikasikan di Tabloid BIAS edisi 2 | 2019

Dasar Pancasila Dimata Pelajar Jogja Dasar Pancasila Dimata Pelajar Jogja Reviewed by elisa on Tuesday, May 19, 2020 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.