Nilai Pancasila Luntur! Kaum Millenial Butuh Penguatan Pancasila


Kecanggihan teknologi memang memberikan kemerihan bagi para pengikutnya. Kecanggihan teknologi pula yang banyak dijadikan masyarakat sebagian besar orang untuk mengukur maju dan tidaknya. Memang secara alat, kecanggihan itu tercermin. Namun, dari cerminan moral dan sikap, banyak mental dan psikologis millenial yang ternyata belum dengan tantangan modernisasi.
Foto: Irukawa Elisa
Ketidaksiapan ini dapat dilihat dari sikap dan cara pelajar dalam menanggapi issu viral. Banyak yang menyikapi dengan bahasa tulis negatif, hingga mulai lunturnya rasa nasionalisme dan lunturnya nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila.
Seperti pendapat siswi SMA Negeri 1 Jetis, Noor Fauziyah Ahmad (16) mengakui bahwa pengamalan nilai pancasila di era Millenial mulai luntur. Hal ini dibuktikan beberapa peristiwa seperti kemanusiaan. Tampak beberapa kasus seperti konflik Papua, masalah demo revisi UU KUHP. Menurutnya, kasus-kasus semacam inilah disebabkan oleh arus globalisasi yang begitu pesat, dan memiliki risiko menghilangkan pemahaman dan nilai-nilai pancasila.
Baca Juga: Festival Kesenian Yogyakarta 30 : MESEMELEH, Kesenian yang Menyatukan Perbedaan
“Bahkan tanpa kita sadari, kita pun terkadang lalai akan nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila disetiap butirnya,” Tegasnya pelajar yang mengambil jurusan IPS 1.
Senada dengan pendapat kakak kelas Noor, yaitu Mia Febrianti (17). Menurutnya, nilai Pancasila di era globalisasi saat ini, sangat penting bahwa pancasila itu harus ditekankan dan ditikberatkan.
“Indonesia ini kan kultural dan banyak perbedaan, jadi harusnya ada upaya dari pemerintah ataupun masyarakat bisa menyatukan perbedaan dan saling toleransi,” tegasnya.
Ia pun juga memaparkan, jika nilai Pancasila hilang, negara kita akan kehilangan penilaian baik di mata dunia. Apalagi kita sudah dikenal sebagai negara yang ramah, memiliki toleransi tinggi, tetapi kenyatannya banyak kasus kekerasan, suku, aliran dan aliran kepercayaan,” ceritanya.
Baca Juga: Fakta ASIAN Games 2018 Yang Membanggakan 
Menurut siswi jurusan MIPA 1, kelas XII berpendapat bahwa salah satu jalan keluarnya bisa dengan memberikan sosialisasi terkait dengan Pancasila, menegaskan pentingnya dasar negara. Ia pun memaparkan bahwa salah satunya dengan cara mengadakan seminar atau mengadakan program pemberdayaan Pancasila ke daerah-daerah.
Agar tidak terjadi hal tersebut, menurut pelajar yang masih duduk dikelas XI juga memperkenalkan pancasila di bangku sekolah. Misalnya menitikberatkan pada pelajaran PPKN. Pelajaran PPKN sering dianggap tidak penting, sebaliknya. Justru nantinya bisa sebagai sarana untuk mengajarkan generasi penerus pentingnya mengenal bangsa, negara dan menumbuhkan cinta pada tanah air. (Lutvi luviana, Irukawa Elisa)


Dipublikasikan di Tabloid BIAS edisi 2 | 2019
Nilai Pancasila Luntur! Kaum Millenial Butuh Penguatan Pancasila Nilai Pancasila Luntur! Kaum Millenial Butuh Penguatan Pancasila Reviewed by elisa on Tuesday, May 19, 2020 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.