Solidaritas Eratkan Persaudaraan



Masyarakat di sekitar kita memilki sifat yang berbeda-beda. Dari sifat yang berbeda-beda itu masyarakat saling melengkapi. Melengkapi kekurangan sifat yang dimiliki manusia lain. Sifat kekurangan akan dilengkapi dengan sifat kelebihan. Pada umumnya, manusia itu tidak bisa hidup sendirian di muka bumi ini. Manusia membutuhkan manusia lain untuk hidup. Karena pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial. Artinya Manusia yang membutuhkan orang lain.
Foto: Elisa
Siswa MAN 2 Yogyakarta, Arif Rahmadhan hal terpenting dalam menjalin hubungan dengan orang lain adalah berbuat baik. Bentuk berbuat baik bisa berbentuk solidaritas, toleransi dan saling membantu. Manusia sarat membutuhkan bantuan oranglain, walaupun hanya membantu sebesar atom.
Arif juga memaparka, Solidaritas bisa dilakukan kepada siapa saja. Baik kepada teman sebaya, yang lebih tua maupun yang lebih muda. Baginya, solidaritas bisa berbentuk apapun. Termasuk saling menghargai sifat orang yang berbeda-beda. Solidaritas dalam bentuk keburukan, menurut Arif bukan termasuk disebut dengan solidaritas, karena akan menciptakan perbuatan negatif. Ia pun mencontohkan bentuk solidaritas di masyarakat adalah menolong tetangga yang tengah ditimpa musibah. 
“Jika kita tidak mampu membantu secara material, minimal kita membantu dengan cara memberikan solusi dan menghibur,” tegasnya.
Arif juga mencontohkan bentuk solidaritas di sekolah bisa menjadi teman yang baik, menghargai teman dan saat pelajaran di kelas dan sedang presentasi diperhatikan. Ketika di kelas ada yang memberi sanggahan, saran disikapi dengan menghargainya. Di sekolah, ada solidaritas bentuknya positif, dan sebaliknya.
Solidaritas saat di sekolah jangan disalah diartikan. Walaupun secara umum arti solidaritas itu membantu sesama yang sedang mengalami kesusahan. Akan tetapi saat ujian ataupun ulangan jangan menerapkan sifat solidaritas. Karena ujian dan ulangan harus menjunjung tinggi nilai kejujuran. Menerapkan solidaritas saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) setiap hari. Dengan mengajari atau berdiskusi bersama mata pelajaran yang belum dipahami.
“Kita sudah melakukan solidaritas sesama masyarakat, dan solidaritas sesama teman sebaya di sekolah. Tapi kita lupa dengan solidaritas yang kecil. Solidaritas yang ruang lingkupnya kecil. Seperti solidaritas di ruang lingkup keluarga,” ceritanya. Arif menambahkan solidaritas juga diterapkan di keluarga. Sebagai anak, bentuk solidaritas di rumah dapat membantu pekerjaan rumah, membantu ayah dan ibu, serta membantu saudara kandung.
"Mudah-mudahan dengan adanya sifat solidaritas, hubungan persaudaraan, persahabatan, serta pertemanan makin dekat,” harap Arif. Karena solidaritas salah satu tujuannya yakni mempererat tali atau hubungan persaudaraan, persahabatan serta pertemanan dan dapat mengambil hal-hal positif dari sikap solidaritas. (Hanifa Noor, Elisa)


Dipublikasikan di Tabloid BIAS Edisi 4 | 2017
 
Solidaritas Eratkan Persaudaraan Solidaritas Eratkan Persaudaraan Reviewed by Elisa ELisa on Tuesday, March 06, 2018 Rating: 5

Sahabat

Powered by Blogger.