Komunitas Coin A Chance Jogja Meningkatkan Pendidikan Untuk Anak kurang Mampu



Komunitas Coin a chance jogja atau yang juga disebut dengan CAC Jogja, merupakan komunitas yang bertujuan untuk meningkatkan pendidikan bagi anak-anak yang kurang mampu dan berniat untuk sekolah. Satu koin uang logam sangat berharga bagi mereka.
CAC Jogja mengelola uang recehan untuk ditukarkan atau disalurkan menjadi sebuauh kesempatan beharga bagi mereka untuk melanjutkan pendidikan. CAC Jogja memberikan kesempatan bagi yang ingin dan berniat sekolah dari tingkat SD-SMA. Mereka merasa prihatin dan empati karena rendahnya tingkat pendidikan di Indonesia yang disebabkan oleh kemiskinan. Dengan demikian komunitas ini berharap bisa membantu mewujudkan mereka untuk mengeyam pendidikan yang layak. Keanggotaan komunitas ini dibuka untuk umum dengan dasar suka rela meluangkan waktu dan tenaganya.
   Komunitas CAC Jogja dibentuk pada bulan Desember tahun 2008. Ide itu muncul dari Karlina yang saat itu menyaksikan komunitas CAC Jakarta yang sudah aktif dan berjalan diacara Kick Andy, lalu terlintas dalam fikirannya untuk membentuk cabang CAC di Yogyakarta. Kondisi saat itu sangat memungkinkan untuk dibentuknya komunitas ini. Banyak sekali anak-anak desa yang tertinggal dalam pendidikan padahal keinginan untuk menuntut ilmu sangat besar. Kegiatan pertama komunitas ini berawal dari tahun 2009 dan saat itu hanya terkumpul 100.000 dengan nominal itu mereka berfikir tak mungkin bisa menyekolahkan anak-anak itu. Hingga akhirnya setiap anggota diwajibkan membayar iuran dengan nominal yang telah ditentukan. Mereka tak berhenti berusaha untuk mencari donatur dan anggota yang aktif. Hingga akhinya kini mereka telah memiliki sekitar 40 an anak asuh yang dibiayai untuk melanjutkan pendidikan.
   Kegiatan lain selain mengumpulkan koin, mereka juga mengadakan untuk membentuk kegiatan non akademis anak didiknya. Dengan cara membentuk kelas mimpi dan kelas karya untuk mengetahui bakat dan minat mereka. Serta memberitahu apa saja profesi yang ada, cara mewujudkannya dan juga kelas karya untuk memberi wadah supaya berkreasi.
“Selama CAC Jogja ini dibentuk, kami selaku anggota komunitas belum mampu mewujudkan visi,misi dan tujuan kami untuk membantu memberikan pendidikan yang layak untuk anak Indonesia, karena saat ini kami baru bisa melakukannya untuk segelintir anak karena kendala berbagai hal. Namuun suatu saat nanti kami pasti mampu mewujudkan semua itu. Semoga pendidikan di negeri ini merata dan anak-anak bangsa mendapatkan pendidikan yang layak dan berkualitas,” imbuh Adelia Putri salah satu anggota CAC Jogja beberapa waktu yang lalu. (Dhea)


Dipublikasikan Tabloid BIAS | Eds III | 2017
 
Komunitas Coin A Chance Jogja Meningkatkan Pendidikan Untuk Anak kurang Mampu Komunitas Coin A Chance Jogja Meningkatkan Pendidikan Untuk Anak kurang Mampu Reviewed by Elisa ELisa on Monday, February 19, 2018 Rating: 5

Sahabat

Powered by Blogger.