google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Dibalik Berdirinya YAP - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Dibalik Berdirinya YAP

Foto : Istimewa
Saat berkunjung ke Rumah Sakit (RS) Mata dr. Yap, di salah satu sudut ruangnya ternyata ada sebuah museum yang sayang jika dilewatkan.
Museum yang terletak di Jalan Cik Di Tiro No. 5 Yogyakarta ini memang sedikit unik. Diresmikan tahun 1997 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X, museum ini berada di dalam komplek rumah sakit. Koleksi yang berada di museum ini sebagian besar merupakan koleksi yang berhubungan dengan peralatan kedokteran bagian mata, peralatan rumah tangga, foto, lukisan, buku, benda elektonik yang berjumlah lebih dari 900 buah.
Fasilitas yang ada di museum ini antara lain, RS Mata “dr. Yap”, mushola, tempat parkir, perpustakan umum, kanting, wartel dan toilet.
Museum dr. Yap tidak terlalu besar, semua koleksinya diletakkan dalam satu ruangan yang sama. Sehingga pengunjung bisa leluasa melihat dan mengamati koleksi tanpa perlu bingung dengan ruangannya.
Museum yang buka dari hari Selasa hingga MInggu dari pukul 08.30-13.00 Wb ini kebanyakan dikunjungi pasien-pasien yang tengah mengisi waktu tunggi perika. Namun tak jarang para pelajar atau mahasiwa berkunjung ke museum ini untuk menambah pengetahuan mereka.

Saat ini koleksi lainnya masih berada di ruang gedung dan belum tertata rapi. Sehingga belum siap melayani pengunjung umum. Koleksi museum sebagian besar berupa peninggalan almarhum dr. Yap Hong Tjoen dan dr. Yap Kie Tiong, pendiri Rumah Sakit Mata dr. Yap Yogyakarta.
Nah, tak ada salahnya jika para pelajar berkunjung ke museum mata dr. Yap ini. Selain cek kesehatan mata, para pelajar juga bisa sambil melihat koleksi-koleksi sejarah perkembangan alat kedokteran mata. Gimana, tertarik?

Novia Intan

Di terbitkan Tabloid BIAS Edisi 1/Tahun XVIII/2013
Dibalik Berdirinya YAP Dibalik Berdirinya YAP Reviewed by Elisa ELisa on Thursday, July 16, 2015 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.