Jenis-jenis Lisensi Dalam Industri Bisnis

 

Menjalankan sebuah bisnis memang butuh ilmu. Kita tidak bisa menjalan bisnis asal jalan. Harus tahu strategi dan tahu tentang jenis-jenis lisensi. Buat kamu yang punya usaha, maka perlu mengetahui beberapa jenis lisensi berikut ini.

1.    Lisensi HKI 

Foto: www.jojonomic.com

Lisensi HKI adalah Hak Kekayaan Intelektual. Lisensi ini diberikan haknya untuk pengguna. Lisensi HKI diperuntukan untuk sistem pembaruan dan wilayah penggunaan. Hak Kekayaan Intelektual ini lebih banyak diajukan untuk beberapa bidang penerbitan buku, hasil penemuan perangkat lunak komputer, dan termasuk banyak digunakan untuk karya-karya di dunia permusikan. 

2.    Merek barang/jasa 

Ada juga lisensi yang memiliki peruntukan untuk merek barang atau jasa. Untuk lisensi jenis ini dapat diajukan dalam bentuk perusahaan dan individu, dengan tujuan produknya dapat dijual dan didistribusikan secara aman dan sudah mendapatkan persetujuan dari pemilik usaha dagang maupun jasa. 

3.    Lisensi bidang pendidikan

Sementara ada juga lisensi di bidang pendidikan. Dimana lisensi ini diperuntukan untuk memberikan izin gelar akademis. Seperti, pihak Perguruan tinggi menyematkan gelar kepada mahasiswanya yang berprestasi. 

4.    Lisensi Hasil Karya Seni dan Karakter 

Ada juga lisensi yang memang mempercayakan dan memberikan lisensi ke pihak perusahaan maupun perseorangan terhadap penyalinan hak cipta. Umumnya bentuk lisensi ini lebih banyak digunakan dalam bentuk material seni dan karakter.

5.    Lisensi Massal 

Ada juga yang disebut lisensi Massal. Lisensi ini diberikan dari pemilik lisensi ke perorangan. Umumnya bentuk lisensi masalah ini akan disampaikan di UELA atau Und User Licence Agreement. Umumnya, lisensi masal ini lebih banyak digunakan dalam bentuk software komputer.

Itulah kelima jenis lisensi dalam dunia bisnis. Dari kelima jenis di atas, kamu perlu mengetahui jenis bisnis yang akan kamu jalankan. Misalnya, menjalankan dibidang pendidikan, karya seni atau fokus menjalankan usaha merek barang ataupun jasa.

Semoga sedikit ulasan tentang jenis-jenis lisensi dalam dunia bisnis ini memberikan wawasan dan pengetahuan baru. semoga apapaun usaha kamu berjalan dengan lancar. (Irukawa Elisa)

Jenis-jenis Lisensi Dalam Industri Bisnis Jenis-jenis Lisensi Dalam Industri Bisnis Reviewed by elisa on Tuesday, May 16, 2023 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.