WISATA ALAM DAN EDUKASI KELUARGA: AGROWISATA BHUMI MERAPI


Yogyakarta memiliki banyak wisata alternatif yang menarik untuk dikunjungi salah satunya Agrowisata Bhumi Merapi. Bhumi Merapi merupakan salah satu obyek wisata alam dan edukasi yang berlokasi di Jalan Kaliurang Km 20, Pakem, Sleman. Di sini pengunjung tidak hanya menikmati keindahan alam, tetapi juga bisa bermain dan berinteraksi dengan berbagai binatang yang ada di sana. Selain itu ada juga kebun sayur dan tanaman hidroponik yang subur dan terawat, membuat Bhumi Merapi sangat tepat untuk dijadikan tujuan wisata alam dan edukasi bersama keluarga.
AGROWISATA BHUMI MERAPI (Foto: Krise)
Ketika memasuki Agrowisata Bhumi Merapi pengunjung langsung disambut dengan area budidaya kelinci. Ada 3 jenis kelinci yang dibudidayakan di tempat ini, yaitu kelinci lokal, kelinci impor dan kelinci VIP. Kelinci VIP ini termasuk jenis kelinci langka dan harganya mencapai jutaan rupiah. Bahkan pengunjung juga bisa membeli kelinci yang ada di sini. Selain itu pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan kelinci, seperti memberi makanan dengan membeli wortel atau sayuran seharga Rp 2.500, atau sekedar bermain-main dengan kelinci karena ada juga kelinci yang dibiarkan bebas.
Setelah melewati kandang kelinci, ada area kandang burung dan reptil. Di sini terdapat beberapa jenis burung, ular dan kura-kura. Tepat di depan area reptil terdapat 2 area kebun hidroponik. Bahkan jika pengunjung ingin belajar berkebun hidroponik dan mendapatkan peralatannya juga bisa dibeli di sini. Di samping kebun terdapat wahana kolam ikan. Tempat ini menjadi favorite anak-anak, karena mereka bisa masuk ke dalam kolam dan menangkap ikan-ikan kecil dengan menggunakan jaring atau tangan kosong. Selain itu di sana juga disediakan kantong-kantong plastik untuk tempat ikan bagi pengunjung yang ingin membawa pulang.
Selain hewan dan kebun tempat yang dibangun pada tahun 2015 lalu ini juga terdapat spot foto selfie unik bagi pengunjung diantaranya Rumah Hobbit dan Taman Bunga. Tidak hanya itu pengunjung juga dapat berkeliling menggunakan kuda poni.
Agrowisata Bhumi Merapi (Foto: Krise)
“Pertama masuk sudah terlihat kalau ini tempat wisata edukasi keluarga, tetapi juga cocok untuk semua umur. Karena yang ada di sini cukup lengkap, mulai dari edukasi hewan, tumbuhan, hingga tempat foto kekinian bagi anak muda,” ujar Helga, pengunjung asal Kota Yogyakarta.
Dibangun sebagai tempat wisata alam dan edukasi, selain dapat berinteraksi dengan binatang-binatang yang ada di sana, menikmati keindahan kebun hidroponik yang hijau, pengunjung juga bisa belajar berbagai teknik pengolahan hasil pertanian dan peternakan, seperti susu kambing menjadi yogurt dan ice cream, pengolahan limbah kambing menjadi pupuk organik dan biogas dan pemanfaatannya untuk budidaya tanaman lainnya.
“Harapan kedepannya, karena memang kita lebih mengedepankan mengenai edukasi. Kami ingin menambah wahana edukasi seprti Aquatic dan Amfibi untuk lebih memberikan edukasi kepada semua khususnya anak-anak,” kata Deni selaku pengelola Agrowisata Bhumi Merapi.
Agrowisata Bhumi Merapi buka setiap hari pukul 8.30 sampai 17.00. Harga tiket masuknya sebesar20ribu/orang sudah dapat menikmati wisata edukasi di sini (Krise Lewi Talenta)

Dipublikasikan Tabloid BIAS, Edisi 1, 2018


WISATA ALAM DAN EDUKASI KELUARGA: AGROWISATA BHUMI MERAPI WISATA ALAM DAN EDUKASI KELUARGA: AGROWISATA BHUMI MERAPI Reviewed by elisa on Saturday, April 27, 2019 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.