Ratoh Jaroe Yang Seirama


Kehidupan pelajar khususnya siswa SMA saat ini bukan melulu soal belajar. Salah satu aktivitas di luar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) adalah ekstrakurikuler. Dalam perkembangannya ekstrakurikuler atau biasa disingkat ekskul merupakan salah satu kegiatan di luar jam sekolah yang menjadi pilihan siswa untuk mengembangkan bakat mereka. Salah satu ekskul di SMAN 5 Yogyakarta adalah Ratoh Jaroe Darussalam.
Ekskul ini masih tergolong baru di SMAN 5 Yogyakarta. Dibentuk pada tahun 2014, awalnya ekskul ini berada dibawah naungan Rohani Islam (Rohis). Namun pada tahun 2016, akhirnya Ratoh Jaroe dijadikan ekskul, bergabung dengan ekskul Tari (Puspalaksita) dan dibawahi Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).
Pada awalnya, mereka hanya berdiri sendiri tanpa ada pelatih. Mempersiapkan semua gerakan, kostum, dan mengkoordinasi semua kegiatan. Setelah ada undangan sebuah event besar di luar sekolah, mereka berpikir bahwa Ratoh Jaroe tidak dapat tampil dengan keadaan seperti itu. Akhirnya mereka mencari pelatih untuk menunjang penampilan di panggung. Tidak hanya diundang tampil di event-event sekolah maupun di luar sekolah, Ratoh Jaroe juga berhasil menjadi Juara di beberapa lomba di umur ekstrakurikuler mereka yang masih muda.
Menurut salah satu anggota Ratoh Jaroe, Hasna Qonita (XI IPS), ada beberapa kendala salah satunya masalah dana. Setiap kali tampil untuk satu event, mereka membutuhkan kurang lebih Rp 500.000 untuk menyewa seragam dan gaji pelatih. Padahal terkadang bayaran yang mereka dapat tidak sebesar itu. Namun ia mengaku, mengikuti ekskul ini membuatnya menjadi lebih semangat, energik, menambah teman, dan juga ada perasaan bangga ketika penonton bertepuk tangan memberikan apresiasi terhadap tarian yang mereka tampilkan. (Sekar Dewi)


Dipublikasi di Tabloid BIAS, Edisi 1, 2017
Ratoh Jaroe Yang Seirama Ratoh Jaroe Yang Seirama Reviewed by aquaphonik mulyo on Thursday, December 27, 2018 Rating: 5

Sahabat

Powered by Blogger.