Berani Itu Pilihan


Mulai tertarik pada jurusan-jurusan yang ditawarkan oleh SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) adalah hal yang normal pada saat mendekati kelulusan SMP (Sekolah Menengah Pertama). Inilah yang sering membuat siswa-siswi SMP kebingungan untuk memilih jurusan. Menurut Nur Listiana (17) Pilih saja jurusan yang kamu minati dan kamu merasa kalau kamu punya bakat di bidang itu.
Nur Listiana kelas 12, dengan penuh keyakinan dan kepastian memilih jurusan Teknik Otomasi Industri SMK N Depok. Dia memiliki alasan tertentu, mengapa dia masuk ke SMK bukannya SMA. “Alasan saya memilih jurusan SMK karena habis lulus bisa langsung kerja dan karena udah ada pengalaman, terus bisa nerusin kuliah juga, atau kerja sambil kuliah, kan bisa ngurangi beban orangtua,” jelas Ana.
Ana percaya diri dengan jurusan yang dipilihnya, walau di kelasnya sosok wanita hanya segelincir. “Ada banyak pengalaman yang mengesankan saat berada di jurusan Teknik Otomasi Industri adalah ketika saya berhasil melakukan praktek mengerjakan panel selama 3 jam. Sedangkan teman-teman saya 3 minggu, menurutku itu adalah suatu hal yang tidak biasa,” lanjut siswi asli orang Yogyakarta ini.
Dengan rasa berani, Ana selalu mencoba banyaknya kesempatan untuk mengikuti kegiatan dan lomba-lomba. Ia pertamakali berhasil memrogram di CX One Programmer dan berhasil. Lalu di realisasikan di PLC Omron. “Saya dapat ikut serta dalam Seleksi LKS Mekatronika, sungguh saya sangat senang,” katanya. Di samping banyaknya kegiatan, Ana pun bisa naik kelas dan mendapatkan nilai yang bagus. Perasaan yang dia rasakan adalah bahagia dan sejahtera. “Aku juga mengikuti Purna Paskib, LBB, mendapat kesempatan menjadi Bendahara Kunjungan Industri, dan selalu mendapatkan kepercayaan menjadi Bendahara kelas,” ujar Ana
Ana mempunyai satu harapan yaitu ia sangat ingin bisa menang LKS lagi pada tahun ini. Agar bisa maju sampai ke Brazil seperti kakak kelas Ana. Bagi Ana cara menumbukan rasa percaya diri di jurusan yang kita minati, dengan cara percaya dengan apa yang akan kamu pilih. Saat sudah memilih jurusan, tekuni jurusan itu. Akhirnya apa yang kita inginkan akan terwujud.
“Bahwasanya akan jadi luar biasa apabila kita bisa memilih hal yang anti main stream,” papar Ana yang hobi renang dan travelling. Ana yang memiliki cita-cita menjadi orang sukses ini, mengatakan bahwa semua itu perlu diawali dengan niat dan ilmu itu bisa dicari dimana saja. (Linda)

Dipublikasi di Tabloid BIAS, Edisi 1, 2017

Berani Itu Pilihan Berani Itu Pilihan Reviewed by aquaphonik mulyo on Friday, December 28, 2018 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.