Aksi Solidaritas di Kalangan Pelajar

Solidaritas adalah kesatuan antar anggota satu dengan lainnya yang memiliki suatu tujuan bersama. Solidaritas tidak hanya ada dikalangan tertentu saja. Tetapi solidaritas begitu penting untuk pelajar. Menurut siswi MAN 2 Yogyakarta, Bernika Salma, solidaritas adalah jiwa sosial yang dimiliki oleh setiap orang. Solidaritas di Jogja bisa juga disebut dengan “srawung”. Manusia sebagai mahluk sosial tidak dapat hidup sendiri. manusia saling membutuhkan satu sama lain.
Foto: Elisa
Ada banyak aksi solidaritas. Salah satunya Bernika Salma, yang melakukan aksi solidaritas dalam bentuk surpoteran tim futsal di MAN 2 Yogyakarta. Bernika mengajak teman-temannya menjadi tim supporter. Bernika Salma mengaku ada kepuasan ketika melakukan solidaritas.
"Kepuasannya, memiliki banyak teman, kita bisa akrab satu sama lain, kita saling melindungi satu sama lain, dan ketika kita hidup didunia itu yang terpenting adalah rasa sosial yang tinggi karna kita tidak bisa hidup sendiri dan kita butuh bantuan orang lain. Maka dari itu kita harus saling membantu". Ujar Bernika Salma.
Berbeda dengan pendapat Awang, solidaritas menurutnya adalah rasa kebersamaan yang tidak bisa dilihat secara langsung. Namun, dapat dirasakan dalam peristiwa tertentu. Menurutnya, prinsip dasar solidaritas didasari oleh rasa saling peduli, rasa solid antar kelompok/tim/organisasi demi mencapai tujuan bersama.
Awang mencontohkan bentuk solidaritas kelompok para pemain timnas yang berlaga di piala AFF U-18 yang solid dalam bermain. “Mereka saling berjuang bersama, demi tujuan yang sama,” imbuhnya. Saat ditanya, apakah mencontek saat ulang termasuk solidaritas? Awang menolak pendapat tersebut. karena saat ulangan ada peraturan. Ketika peraturan tersebut dilanggar, itu termasuk kesalahan bukan termasuk solidaritas.
Setiap pelajar memiliki sikap yang berbeda-beda terhadap aksi solidaritas. Salah satunya Wahyu Ardi, aksi solidaritas yang pernah dilakukan adalah membanti umat islam Rohingya. Ia ikut menggelar penggalangan dana untuk mereka. Dari penggalangan dana tersebut, Wahyu Ardi berhasil mengumpulkan uang 4 juta. Aksi penggalangan dana bagi Ardi dapat menumbuhkan rasa peduli dan menghilangkan rasa sombong.
“Solidaritas itu diibaratkan seperti sapu lidi, jika dipatahkan satu lidi sangat mudah. Tapi, jika gabungan lidi menjadi satu sulit untuk dipatahkan,” tutupnya. (Aura Nilam, Elisa)

Dipublikasikan di Tabloid BIAS Edisi 4 | 2017
 
Aksi Solidaritas di Kalangan Pelajar Aksi Solidaritas di Kalangan Pelajar Reviewed by Elisa ELisa on Wednesday, March 07, 2018 Rating: 5

Sahabat

Powered by Blogger.