FESTIVAL PERAHU NAGA : DISPAR DIY Dukung Lestarikan Olahraga Air


Foto: Elisa

Langit di hari Minggu, 9 Juli 2017 tampak sedikit mendung. Meskipun langit mendung, di tepi Laguna Pantai Depok aura penonton dan ivent memberikan kesan cerah dan berwarna. Sepanjang tepi Laguna dipenuhi penonton. Ada yang sebagian antri menaiki perahu ke tengah laguna, melihat lebih dekat Festival Perahu Naga. Ada sebagian yang berdiri berjejer di tepi laguna memotivasi dan menjerit menyemangati tim. Tidak jauh dari start, tampak seorang moderator acara renyah memandu perlombaan lewat microfon yang dipegang.
Angin pagi itu terasa tenang, cuaca juga tidak terlalu terik, tepat di sisi timur panggung utama tampak panitia panitia penyelenggara dan beberapa penonton bergoyang mengikuti alunan lagu tempo dulu. Ketika mata terlempar jauh ke arena Laguna Pantai Depok tampak kompetisi perahu naga tengah berlangsung.
Olahraga air perahu naga kali ini merebutkan tropi dari Gubernur DIY dan uang pembinaan sebesar 45 juta. Wardoyo, selaku Kepala Seksi dari Dinas Pariwisata (DISPAR) Yogyakarta menyampaikan setidaknya ada 18 peserta. sekitar 15 lebih peserta dari Yogyakarta. Sisanya, dari dari jawa tengah, cilacap kebumen dan purworjo.
“Antusiasme peserta sangat luar biasa. Banyak daerah dari luar pulau juga antusias dan ingin bergabung. Tapi saat ini kita membatasi karena kondisi area belum memungkinkan. Ke depan, tahun 2018 setelah pembangunan jadi, akan diadakan festival peragu naga secara nasional,” paparnya saat ditemui di lokasi.
Festival ini adalah ivent tahunan yang diselengarakan dalam serangkaian perayaan Peh Cun. Peh Cun merupakan perayaan suci masyarakat Tionghoa. Tahun 2017 adalah tahun ke-11, namun yang diselenggarakan di Laguna Pantai Depok sudah yang ke-4 kalinya. Kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Propinsi Yogyakarta dan Pariwisata Bantul bersinergi dengan Jogja Chinese Art and Culture Centre (JCACC) dan Pusat Seni dan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PSBTY).
Tidak ingin ketinggalan, kita mencoba menaiki perahu ke tengah Laguna Pantai Depok. Angin sepoi-sepoi berhembus. Ke depan, Laguna Pantai Depok ini akan menjadi salah satu destinasi tempat wisata baru di Bantul. Hal ini disampaikan oleh Wardoyo. Nantinya, ditempat ini selain sebagai tempat olahraga air, seni budaya hingga atraksi kesenian. Oleh sebab itu, Wardoyo menegaskan untuk saat ini lokasi ini bertahap dilakukan perbaikin. Kedepannya, agar bisa dijadikan sebagai tuan rumah olahraga air tingkat Nasional.
“Festival perahu naga kali sebenarnya memberikan semangat, rangsangan, penggerak dan penyemangat bagi peserta agar greget mencintai olahraga air bisa terbangun.” Tutupnya. (Elisa, Intan)
Dimuat di Tabloid BIAS Edisi 2 |2017
FESTIVAL PERAHU NAGA : DISPAR DIY Dukung Lestarikan Olahraga Air FESTIVAL PERAHU NAGA : DISPAR DIY Dukung Lestarikan Olahraga Air Reviewed by Elisa ELisa on Thursday, February 01, 2018 Rating: 5

Sahabat

Powered by Blogger.