Cara Menggunakan Windows Movie Maker



Kalian pecinta editing tentu sering mendengar nama Windows Movie Maker kan. Yups, benar sekali Windows Movie Maker ini merupakan software editing video dari Windows. Kalian bisa menggunakan software ini untuk membuat skill editing kalian semakin mumpuni. Software yang dbuat khusus untuk pengguna Windows ini menawarkan berjuta-juta fitur editing yang tentunya akan membuat proses belajar editingmu semakin menyenangkan. Semakin penasaran bukan gimana penggunaan Widows Movie Maker ini. Simak ulasan berikut ya, supaya rasa penasaranmu atas Windows Movie Maker segera terjawab.
1.      Dowload aplikasinya
Kamu ingin menggunakan segala fitur yang disediakan ole Windows Movie Maker tentunya kamu harus mempunyai aplikasinya terlebih dahulu dalam laptop atau komputermu. Bila kamu belum memilikinya, kamu bisa mendownloadnya terlebih dahulu. Kamu bisa mendownload software tersebut dengan mengetik kata kunci download Windows Movie Maker pada pencarian google. Selain itu kamu juga bisa mendownloadnya di bagas21 dan ninite.
2.      Instal Aplikasi
Setelah kamu berhasil mendowload software, kamu bisa menginstalnya ke dalam laptop atau komputermu. Gimana sih cara instal software ini?. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah ini untuk bisa menginstal Windows Movie Maker kedalam komputer pribadimu:
a.       Buka setup aplikasi Windows Movie Maker, setelah dialog setup Windows Movie Maker klik Next untuk melanjutkn proses instalasi.
b.      Kemudian akan keluar perjanjian pengguna, pada bagian ini cek list pada box  “I Accept the agreement”, kemudian klik Next untuk melanjutkan.
c.       Setelah anda menyetujui perjanjian lisensi tersebut akan keluar dialog tambahan lagi seperti tempat penyimpanan, anda tinggal mengklik Next lagi sampai muncul dialog yang menyatakan aplikasi siap untuk diinstal.
d.      Setelah dialog Ready to Instal terbuka, klik Instal untuk melakukan proses instaling Windows Movie Maker kedalam laptop atau komputer anda.
e.       Tunggu proses instaling sampai selesai yang ditandai dengan terbukanya dialog Complete Instaling.
f.       Kemudian klik Finish, Windows Movie Maker siap digunakan.
3.      Buka Software
Setelah kamu selesai menginstal software langkah selanjutnya, buka software Windows Movie Maker untuk memulai editing video. Kamu bisa membuka software ini dengan mengklik dua kali pada shorcut Windows Movie Maker didesktop atau dengan satu klik pada All program di menu Windows.
4.      Buka lembar kerja untuk memulai proses editing
Kamu perlu membuat lembar kerja baru setelah berhasil membuka Windows Movie Maker dengan cara klik File lalu New Project. Kamu sudah bisa memulai proses editing yang kamu inginkan.
5.      Import Video atau Foto
Langkah pertama untuk memulai editing adalah memasukan konten media kedalam lembar kerja. Kamu bisa memasukan video, foto, dan gambar sesuai keinginanmu. Cara memasuknnya juga cukup mudah, kamu tinggal mengklik File lalu pilih Import Media. Terbukalah jendela Import Media, lalu kamu klik foto, video, atau gambar yang ingin kamu import dan Klik Open. Otomatis foto, video, atau gambar tadi masuk ke dalam lembar kerja.
Oh iya, perlu kamu tahu juga bahwa dalam Windows Movie Maker tampilannya dibagi menjadi 3, yaitu Satu bagian dikanan sebagai tempat masuknya media yang di import, satu bagian di kiri sebagai tempat preview hasil editing, dan satu bagian dibawah sebagai tempat editing. Jadi kamu perlu memasukan media yang kamu import tadi ke lembar editing untuk editingnya.
6.      Drag koten ke lembar editing
Setelah kamu mengimport konten media, kamu harus menaruh foto atau video yang ingijn kamu edit kedalam lembar editing. Caranya drag ke bawah konten yang kamu inginkan dan lakukan editing tahap selanjutnya.
7.      Tambahkan efek dalam videomu
Supaya videomu semakin menarik dan cantik, kamu bisa memberikan beberapa efek kedalam videomu. Efek yang disediakan oleh Windows Movie Maker banyak macamnya seperti 3D, Blur, Ripple, Fade, Brightness, dan lain sebagainya. Kamu bisa manambahkan efek dengan cara klik Tools kemudian klik Effects dan pilih jenis efek yang akan kamu gunakan. Efekpun telah berhasil ditambahkan kedalam videomu.
8.      Gunakan transisi dan kata-kata
Selain efek, kamu juga bisa menambahkan transisi dan kata kedalam videomu. Transisi digunakan untuk memberitahu perpindahan antara gambar satu ke gambar lainnya dalam video. Sementara adanya Title atau kata-kata dalam video akan memberikan penjelasan terhadap isi dari video yang kamu sajikan. Adanya kata-kata ini akan membantu penonton dalam memahami video yang kamu sampaikan sehingga penonton bisa semakin paham dengan video yang kamu bawakan.
Adapun cara memasukan transisi kedalam video adalah dengan mengeklik Tools lalu pilih Transitions dan pilih cara perpindahan gambar yang kamu inginkan. Menu pilihan transition yang bisa kamu gunakan antara lain seperti Bars, Circle, Horizontal, Vertical, dan lain sebagainya. Sementara untuk memasukan kata-kata kedalam video bisa dilakukan dengan cara klik Tools kemudian pilih Title and Credits dan tuliskan kata-kata yang kamu inginkan, kemudian klik Add Title. Kamu bisa menempatkan kata-kata tadi dibagian awal, tengah, bagian tertentu dari video, maupun diakhir video. Selain itu kamu juga bisa memberikan efek pada tulisan dengan mengeditnya terlebih dahulu.
9.      Permanis dengan lagu, musik, suara
Selain menambahkan foto dan tulisan, kamu juga bisa memasukan musik kedalam videomu. Musik ini akan membuat videomu semakin hidup dan menarik perhatian. Perlu dipehatikan juga pemilihan musik dalam videomu akan sesuai dengan isi video yang kamu sampaikan. Kesesuaian musik dengan isi video tentu akan memberi nilai tambah pada kemampuanmu dalam mengolah dan melakukan editing pada video.
Oleh karena itu sebelum memasukan sebuah lagu, kamu wajib memikirkannya matang- matang dan membuat konsep agar videomu semakin menarik. Sementara untuk memasukan musik sendiri bisa dilakukan dengan cara klik File lalu pilih Import Media. Setelah itu pilih pilihan Audio or Musik dan pilih musik yang kamu inginkan. Setelah kamu telah menetukan musiknya, kamu tinggal mengklik import untuk memasukan musik kedalam Windows Movie Maker.
Setelah musik berhasil dimasukan kedalam Windows Movie Maker, kamu tinggal mendragnya ke layar editing dibagian bawah. Kamu bisa memotong lagu jika terlalu panjang dengan cara menarik batas lagu kearah yang kamu ingikan. Kamu juga bisa melihat hasil editingmu pada bagian preview sehingga bisa langsung mengeditnya bila ada bagian yang kamu anggap kurang pas dengan videomu.
10.  Save Project dan Publish Movie
Kamu bisa melihat hasil akhir dari editingmu pada bagian preview dari awal hingga akhir klip. Setelah kamu rasa hasil editingmu memuaskan, kamu bisa mengakhiri proses editingmu dengan cara klik File lalu klik Publish Movie. Kemudian pilih tempat penyimpanan videomu dan klik Next dan ikuti langkah-langkah proses render atau penyimpanan video editingmu hingga selesai. Selain langsung merender, kamu juga bisa menyimpan projectmu terlebih dahulu bila masih ingin kamu edit lagi dengan cara klik File lalu Save Project.

Demikian langkah-langkah dalam menggunakan Windows Movie Makers yang bisa kamu terapkan untuk editing videomu. Selamat mencoba dan berkreasi tanpa batas dengan software-software editing khususnya Windows Movie Maker.
Cara Menggunakan Windows Movie Maker Cara Menggunakan Windows Movie Maker Reviewed by Elisa ELisa on Monday, February 05, 2018 Rating: 5

Sahabat

Powered by Blogger.