google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Muhammadiyah Gelar Pawai Ta’aruf Budaya Jawa - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Muhammadiyah Gelar Pawai Ta’aruf Budaya Jawa

Yogyakarta sarat akan ivent. Baik itu ivent dari pemerintah, komunitas sampai ivent yang sifatnya kecil-kecilan. Setiap ivent yang diselenggarakan pun memiliki tujuannya masing-masing. Salah satunya iven yang diselenggarakan oleh Muhammadiyah DIY, mengadakan pawai ta’aruf budaya jawa. Pawai ini terselenggara pada 10 September 2016 yang lalu.
Edy Prajaka, selaku koordinator penyelenggara dan komandan pawai menuturkan Ta’aruf budaya ini sebagai ajang pembukaan Olimpiade Budaya Jawa (OBJ). Diselenggarakannya pawai dimaksudkan sebagai media ekspresi bagi para civitas sekolah Muhammadiyah dari SD sampai SMA/K/MA mengapresiasi dan mengkreasi budaya jawa. Kegiatan ini dimaksudkan bahwa sekolah Muhammadiyah turut berpartisipasi dalam pelestarian dan pengembangan budaya Jawa.
Pawai yang dimulai di Balaikota Yogyakarta diikuti sekitar 103 kontigen, dengan jumlah peserta lebih dari 4.390 peserta. mulai dari SD, SMP, dan SMA/K/MA se-DIY. Kemeriahan pawai terlihat semarak. Mulai dari antusiasme peserta dan penonton.
Latar belakang mengambil tema budaya jawa diawali dari keprihatinan yang ternyata masih banyak orang yang memandang Muhammadiyah sebagai gerakan yang anti budaya dan anti tradisi lokal. Muhammadiyah ingin memperkenalkan kepada masyarakat, bahwa Muhammadiyah juga turut melestarikan dan menjaga budaya jawa. Dimana, sebenarnya Muhammadiyah memiliki konsep Dakwah Kultural, yaitu memahami keislaman dari banyak pendekatan, mulai dari konteks sosiologis, antropologis dan budaya. Konsep Dakwah Kulturat menurut Edy Prajaka sebagai acuan dakwah sehingga peserta didik tidak asing dengan budaya lokal.

“Harapannya, pawai ta’aruf budaya jawa bagi pelajar Muhammadiyah menjadi bagian dari proses pendidikan karakter dengan mengukuhkan identitas diri, sebagai bangsa jawa yang kaya akan nilai-nilai luhur yang seirama dengan nilai akhlaqul karimah,” jelas Edy lewat WA. Ia juga menyampaikan harapan lain dari ivent yang diselenggarakannya, yaitu sebagai salah satu bukti eksistensi Muhammadiyah sebagai salah satu pilar Keistimewaan Yogyakarta yang berkontribusi pelestarian dna pengembangan budaya jawa. (Elisa)
Muhammadiyah Gelar Pawai Ta’aruf Budaya Jawa Muhammadiyah Gelar Pawai Ta’aruf Budaya Jawa Reviewed by Elisa ELisa on Sunday, January 29, 2017 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.