google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Blue Lagoon : Mandi Di Sumber Mata Air - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Blue Lagoon : Mandi Di Sumber Mata Air

Foto : Elisa
Blue Lagoon, merupakan salah satu tempat wisata yang masih tergolong baru. Belum genap setahun, lokasi ini sudah banyak dikunjungi wisatawan. Jangankan wisata lokal, saat reporter BIAS di sini, ada wisatawan asing dari Jepang. Berdasarkan dari namannya “Blue Laggon” ekspektasi yang terpikirkan pertamakali adalah sebuah kolam renang yang dikemas dengan fasilitas lengkap dan mewah megah. Ekspektasi penulis ternyata salah, tempat ini adalah sungai yang mengeluarkan sumber mata air. Saat musim kemarau, sungai ini akan berwarna biru.
Lokasi Blue Laggon berada di  desa Dalem, Widomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Akses jalan menuju titik lokasi cukup memadai. Resmi dibuka untuk umum dan menjadi objek wisata sejak bulan Juni 2014 yang lalu. Tahukah kamu? Sebelum tempat ini digunakan untuk wisata, tempat ini sering digunakan untuk mencuci binatang ternak, seperti sapi dan digunakan untuk mencuci baju.
Penasaran kenapa lokasi yang dulunya seperti sungai biasa menjelma menjadi sebuah tempat wisata, Reporter BIAS pun menemui pak Narto, salah satu warga sekaligus sebagai wakil ketua pengelola Bloe Laggon. Beliau menceritakan sejarah kenapa tempat ini mencuat dan ramai dikunjungi, ternyata cerita ini berawal ketika berawal salah satu mahasiswa Amikom yang sering bermain di sana mengupdate di akun twitternya. Tidak lama kemudian, disusul kedatangan beberapa mahasiswa dari UGM, begitupun yang terjadi beberapa hari berikutnya. Semakin lama, semakin ramai dikunjungi.
“Keunikan blue Laggon dari sungai yang lain disini adalah, saat musim kemarau panjang, sungai dibagian atas akan kering. Kemudian, sungai dibagian bawah akan tetap mengalirkan air, airnya pun berwarna biru, karena memang disitulah sumber mataair muncul,” jelasnya.
Titik tepat sumber air itu muncul hanya satu kubangan yang cukup dalam. Selebihnya, kubangan dibagian atas dan dibagian bawah selebihnya dangkal, hanya setinggi + 15 cm hingga selutut. Rencana ke depan, akan ada tambahan permainan seperti tempat bermain air untuk anak dan tempat khusus untuk outbond.

Keunikan dari lokasi lain dari tempat ini adalah, disepanjang tepi sungai dibangun gazebo, khas dengan nuansa pedesaan. Duduk meneruskan obrolan dengan pak Narto, sambil sesekali terdengar suara riuh rendah pengunjung yang asyik berenang, sekilas mereka menjadi seorang anak-anak. Karena masih penasaran, penulispun kembali menanyakan perihal kontribusi pemerintah terhadap blue laggon. Dengan semangat, pak Narto menjawab, banyak pihak terkait, mulai dari dinas Pariwisata, Dinas Pengairan dan Dinas Pekerjaan Umum yang memberikan bantuan. Diakhir percakapan, harapan pak Narto ke depan adalah, lokasi ini semakin banyak orang yang mengenal dan tetap menjaga kebersihan sungai. (Elisa)

Diterbitkan di Tabloid BIAS

Edisi 02/2015
Blue Lagoon : Mandi Di Sumber Mata Air Blue Lagoon : Mandi Di Sumber Mata Air Reviewed by Elisa ELisa on Saturday, November 28, 2015 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.