google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Berbagi Masalah, Berbagi Solusi - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Berbagi Masalah, Berbagi Solusi

Foto : Elisa
Dari ribuan bahkan jutaan orang, kenapa hanya dia yang menjadi seorang sahabat? Wulan Agustina, SMKN N 1 Pengasih, kelas XII, baginya sahabat adalah teman terdekat. “Tetapi bukan berarti pacar ya. Sahabat itu yang selalu ada ketika kita butuh, melengkapi dan menerima satu sama lain.”
Banyak definisi mengenai arti sebuah sahabat, salah satunya menurut Aldo Suwarno, dari SMK 5 Yogyakarta. Menurutnya, sahabat adalah orang yang selalu ada dan siap membantu. Berbeda dengan siswa dari SMA 3 Yogyakarta, Ernita Sari Purwaningtyas, sahabat itu adalah sahabat yang enak diajak komunikasi. Bagi Fina Ayu Wardani, dari SMK N 2 Pengasih, jurusan Teknik Elektro sahabat adalah orang yang bisa mengerti di saat senang dan susah.
Menemukan sosok sahabat yang baik dan cocok tidaklah mudah. Seperti Wulan, yang sekarang duduk di bangku XII Busana Batik misalnya, baginya memperoleh sahabat baik yang mempu mehami dan mengerti itu sangat sulit. “Esensinya, sahabat itu saat sahabatnya mempunyai sebuah permasalahan, dia berani membantu menyelesaikan. Ketika sahabat membutuhkan, maka dia selalu bersedia membantu,” tambahnya.
Berbeda dengan Fina, pelajar dari SMK N 2 Pengasih. Baginya, sahabat yang baik itu yang tidak pernah memandang orang sebelah mata dan tidak pernah membuat sedih. Sahabat itu yang membuat tersenyum dan selalu ada disaat dibutuhkan. Karena sahabat adalah salah satu orang yang penting dalam hidup kita. “Karena kalau tidak ada sahabat, kita kemana saja akan merasa asing. Namun jika ada sahabat, kita akan merasa nyaman dengan sosoknya.”

Menurut Aldo, hal terpenting yang tidak boleh terlewatkan dalam bersahabat adalah, mengenal orangtua Sang sahabat. “Menjalin keakraban antar keluarga sahabat itu perlu! Lewat kedekatan dengan orangtua sahabat, saya bisa menjalni kekeluargaan,” tambah siswa yang duduk di kelas 10 jurusan pemasaran. Hampir sama dengan pendapat Ernita, 11 IPA, bahwa dengan mengenal orangtua sahabat bisa lebih mudah mendapatkan ijin, dan orangtua masing-masing bisa memantau dan tahu dimana bermain dan pergi kemana saja. (Elisa, Sito, Intan)


Diterbitkan di Tabloid BIAS
Edisi 02/2015
Berbagi Masalah, Berbagi Solusi Berbagi Masalah, Berbagi Solusi Reviewed by Elisa ELisa on Thursday, December 03, 2015 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.