google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Gunakan Gadgets untuk Mempermudah Pelajaran - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Gunakan Gadgets untuk Mempermudah Pelajaran


Foto : Elisa

Maraknya penggunaan gadget di kalangan remaja dewasa ini memang sudah menjadi hal yang biasa. Apalagi trend gadget di kalangan remaja selalu memiliki inovasi-inovasi baru. Tak heran, hampir setiap pelajar memiliki satu gadget atau lebih.
Seiring pesatnya perkembangan muncul sebuah pertanyaan, apakah dengan trend gadget saat ini mereka dapat mengimbangi tugas utama mereka sebagai pelajar? Tentu akan sangat membanggakan jika prestasi belajar siswa menjadi lebih baik. Meskipun godaan trend gadget di kalangan remaja sangatlah kuat.
Berdasarkan hasil kuesioner mengenai “Pengaruh Gadget terhadap Proses Belajar Siswa” yang mengambil objek pelajar SMA Negeri 11 Yogyakarta memaparkan bahwa seluruh responden merupakan pengguna gadget, baik itu Kamera, Laptop, Handphone, Tablet, I-pad, Handy-Cam ataupun MP3-Player.
Tercatat 12 dari 15 responden menilai perkembangan gadget saat ini sangatlah baik. Kebanyakan dari mereka mengaku mendapatkan gadget tersebut karena dibelikan oleh orangtua. Namun ada juga yang mengaku membelinya atas hasil uang tabungan sendiri. Bahkan satu diantarannya mengaku mendapatkan gadget dari undian berhadiah. Waktu penggunannya pun rata-rata sudah melebihi dari 5 tahun pemakaian.
Lalu, bagaimana dengan tujuan pemakaian? Dalam kuesioner tersedia 3 opsi tujuan pemakaian gadget, diantarannya ; 1) Mengikuti trend gadget, 2) Sarana Edukasi, dan 3) Sarana Hiburan.
Pada opsi pertama hanya 2 dari 15 responden memilih pengunaan gadget hanya untuk mengikuti trend saja. Sementara 6 sari 15 responden menggunakannya sebagai sarana edukasi dan sisannya digunakan sebagai sarana hiburan.
Mereka mengaku gadget sangat bermanfaat karena bisa digunakan untuk situasi dan kondisi apa pun, baik sebagai hiburan, menambah wawasan, dan lain sebagainya. Selain itu untuk memfungsikan gadget pun terbilang cukup mudah. Dalam waktu singkat pengguna dapat langsung menggunakannya.
Durasi penggunaan gadget biasannya 1 jam non stop. Tapi tak sedikit yang menggunakannya selama 2 jam non stop atau lebih. Aplikasi yang sering digunakan beragam seperti Social Networking (Facebook, Twitter, Line, What’s up dsb), games, dan browsing.
Terkait dengan prestasi belajar, hampir seluruh responden menyatakan peran gadget dalam menunjang proses belajar sangatlah baik dan membantu. Begitu pula dengan dampak yang diberikan cukup baik terhadap prestasi belajar mereka.

Ganesha Ilham, siswa SMA Negeri 1 Yogyakarta mengaku selalu menggunakan kecangggihan IT untuk belajar. Menurutnya pembelajaran melalui IT terkesan lebih menarik dan baik penyampaiannya.melalui gadgetyang ada siswa dapat mendownload materi pelajaran dalam bentuk flash ataupun animasi. Materi seperti biologi, geografi, kimia dan fisika memang akan lebih menarik jika disajikan dalam animasi. Pandangan siswa tentang pelajar sulit pun akan berubah. Meski kadang, ketika sedang belajar menggunakan notebook, terpengaruh untuk membuka situs situs lain.
Jika memanfaatkan gadget hanya demi gengsi ataupun mengikuti trend, tanpa diimbangi dengan manfaat positif untuk menambah ilmu pengetahuan, maka hal tersebut sama saja tidak memiliki nilai guna yang tinggi dan justru menghambur-hamburkan uang.

Finta Kaula & Dina Aulia
Diterbitkan oleh Tabloid BIAS, 02/Tahun XVIII/2014


Gunakan Gadgets untuk Mempermudah Pelajaran Gunakan Gadgets untuk Mempermudah Pelajaran Reviewed by Elisa ELisa on Saturday, July 04, 2015 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.