google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Busana Mini, Mode Jalan Budaya Lancar - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Busana Mini, Mode Jalan Budaya Lancar



Globalisasi satu kata yang mempunyai arti besar. mempunyai makna yang berpengahuh terhadap segalanya. Globalisasi berasal dari kata global atau universal. Makna globalisasi sendiri biasannya mengenai proses penyebaran unsure-unsur baru ke dalam suatu daerah yang belum mengenal unsure tersebut. Globalisasi sendiri menyerang bukan hanya mengenai cara berpolitik, pemikiran ekonomi, kecanggihan teknologi, namun yang sangat menjamur adalah globalisasi kebudayaan. Globalisasi di atas selalu berpengaruh satu sama lain. Misalnya, kemajuan teknologi membuat cepatnya penyebaran kebudayaan khas bangsa barat. Mulai dari kebiasaan makan sambil berdiri dalam pesta, cara bergaul bangsa barat serta budaya mengenakan busana mini.
Busana mini ternyata berasal dari bangsa barat karena jika kita menengok kebelakang sejarah Indonesia tidak ada busana khas daerah yang mini, ya terkecuali busana koteka papua. Busana mini yang biasa kita jumpai adalah hotpants dan tenktop. Dua busana ini sering kita lihat dikenakan oleh teman-teman remaja kita. Lalu bagaimana pendapat mereka ya, apakah busana ini layak digunakan untuk bepergian keluar rumah? Dari sepuluh siswi pelajar SMA di Yogyakarta,  delapan diantara mereka tidak setuju bahwa hotpans dan tanktop dikenakan untuk keluar rumah, namun dua siswi mengaku bahwa hotpans dan tanktop tidak masalah dikenakan di luar rumah.
Menurut delapan siswa tadi, hotpant dan tanktop layak dipakai alias patut di pakai di dalam rumah saja. Pendapat salah satu siswi SMA Negeri 1 Yogyakarta, Zahratul Iftikar jika hotpans dan tanktop dipakai untuk keluar rumah, sama saja mereka masuk ke dalam lubang buaya.

Menurut Arum Kurnia Intani, siswi SMA Negeri 8 Yogyakarta, “Hotspant dan tanktop dipakai di dalam rumah saja, kalau untuk keluar rumah apa nggak malu? Menurutku remaja yang suka pakai baju itu pasti pede dengan bentuk badan dan kulit mereka.” Seperti yang kita ketahui sebagai orang jawa, apapun yang kita lakukan selalu ada unggah-ungguh atau tata kramannya bukan?
Budaya barat memang cenderung terbuka akan pakaian dan tidak ada larangan-larangan mengenai hal itu, namun sebagai bangsa timur, budaya kita tidak mengajarkan hal tersebut. Jika kalian memang ingin mengenakannya dan tetap menghargai budaya timur, bisa mengekannya di dalam rumah saja. Atau jika memang ingin mengenakan di luar rumah, bisa membuat baju itu lebih bercorak, yaitu dengan mengenakan kemeja atau dengan cardigan diluarnya agar sedikit tertutup. Mode jalan, budaya lancar.

Alfira Harifi
Di terbitkan Tabloid BIAS Edisi 7/Tahun XVI/2011
Busana Mini, Mode Jalan Budaya Lancar Busana Mini, Mode Jalan Budaya Lancar Reviewed by Elisa ELisa on Wednesday, July 08, 2015 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.