google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html SMA Negeri 1 Depok : Mengentaskan Kenakalan Nge-Geng Dengan Berprestasi - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

SMA Negeri 1 Depok : Mengentaskan Kenakalan Nge-Geng Dengan Berprestasi


Pelajar SMA N 1 Depok saat voli (foto : Elisa)
SMA Negeri 1 Depok kembali mengharumkan namanya, beberapa bulan yang lalu meraih juara pertama dalam acara perlombaan chilider di tahun 2013. Siapa yang tidak mengenal Sekolah Menengah Negeri yang berada di Babarsari, Caturtunggal, Depok Sleman ini, ternyata memiliki banyak prestasi seperti Dance Competision sebagai juara pertama di tahun 2011, sebagai juara pertama lomba mading yang di adakan oleh HIMA Akuntansi FISE UNY dan meraih juara pertama dalam OOSN Pencaksilat tingkat Propinsi, pada 3 Juli 2011 pun maju ke tingkat nasional mewakili kota Yogyakarta.
Tidak ada kesempurnaan yang sejati di dunia ini, begitupun dengan sekolah yang berdiri 17 Januari 1977. Siapa yang tidak mengenal geng sekolah BBC, hampir sebagian besar pelajar mengenal geng sekolah satu ini. Upaya mengentaskan kenakalan remaja pihak Kepala Sekolah sudah dilakukan. Pihak sekolah telah mengutus sekitar 10 siswa yang terlibat dalam geng, kemudian dikirim ke Pembinaan Center dari Dinas, selain itu juga memberikan sanksi keras kepada mereka yang terlibat dalam geng. “Membuktikan dengan cara berprestasi adalah cara menghilangkan nama jelek. Kita hanya bisa mengarahkan, karena untuk mengembalikan kebiasaan anak-anak itu tidak mudah”, tambah H. Maskur selaku Kepala Sekolah saat ditemui di ruangannya.

Tahun 2012 adalah tahun peningkatan kualitas SMA Negeri 1 Depok. Tercatat tahun ini mengalami peningkatan, baik dalam hal prestasi akademik maupun non akademik. “Tahun 2012 mengalami kenaikan relatif bagus, jurusan IPS dari rengking 7 masuk rangking 3 se-sleman” tegasnya.
Sesuai dengan visi dan misinya, Membina minat dan kreatifitas siswa, sekolah ini memfasilitasi banyak kegiatan ekstrakurikuler seperti Basket, Voli, Pramuka, Jurnalistik, Karya Ilmiah (KIR), Paduan Suara, bahasa jepang dan karate. Kegiatan ekstra ini kemudian dikembangkan lagi, diikutkan dalam beberapa kejuaraan, baik tingkat kabupaten maupun tingkat propinsi. Misalnya juara 2 Bola basket antar SMA yang diselenggarakan di tahun 2011 oleh Fakultas Tehnik UGM, sedangkan untuk ekstra Karya Ilmiah berhasil membawa pulang peringkat pertama dan kedua tingkat Kabupaten Sleman di tahun 2010. 
“Kunci yang saya pegang berada pada guru. Guru harus memiliki komitmen tinggi terlebih dahulu, nanti yang lainnya akan mengikuti dengan sendirinya”, papar Kepala Sekolah saat ditanya rahasia mengubah menjadi lebih baik di SMA Negeri 1 Depok. Sekolah ini ternyata sebagai sekolah alternatif yang banyak diminati, selain letaknya strategis dan dekat dengan kota juga memiliki Sumber Daya Pengajar yang berpengalaman. Soal prestasi tidak kalah bagus dengan sekolah lain.  

Tulisan di Muat di Tabloid BIAS
Edisi 1, 2013

SMA Negeri 1 Depok : Mengentaskan Kenakalan Nge-Geng Dengan Berprestasi SMA Negeri 1 Depok : Mengentaskan Kenakalan Nge-Geng Dengan Berprestasi Reviewed by Elisa ELisa on Thursday, October 03, 2013 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.