google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html SMK N 6 YOGYAKARTA : SAKSI SEJARAH YOGYAKARTA - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

SMK N 6 YOGYAKARTA : SAKSI SEJARAH YOGYAKARTA



Gedung SMK N 6 Yogyakarta dari depan (Foto : Elisa)

SGKP (Sekolah Guru Kepandaian Putri), sekolah negeri kejuruan menengah atas yang sekarang disebut sebagai SMK N 6 Yogyakarta. Sekolah ini adalah saksi adannya sejarah di Yogyakarta.
Pada jaman penjajahan Sekolah Guru Kepandaian Putri (sekarang SMKN 6 Yogyakarta) ini berdiri sebelum tahun 1946. tepat bersamaan Ibu kota Jakarta pindah ke Yogyakarta. Waktu itu Sekolah Guru Kepandaian Putri ini berada di Jln Hayam Wuruk no. 11. Kemudian pada tahun 1971 Sekolah Guru Kepandaian Putri berganti nama menjadi SKKA atau Sekolah Sekolah Menengah Kesejahteraan Keluarga, pada 1996 SMKKA menjadi SMKN 6 hingga sekarang. Bertempat di Jalan Kenari 4 Yogyakarta, kelurahan Semaki, Umbulharjo, Yogyakarta pada 1971.
Sekolah kejuruan ini telah menerapan ISO 9001:2000 sejak Agustus 2008 lalu. Dimana kebijakan ISO itu antara lain berupa komitmen melakukan perbaikan sistem manajemen mutu secara terus menerus. Bertujuan memberikan kepuasan dalam menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan berkualitas dan berbasis Produktif.
Produktifitas ini menciptakan lulusan berakhlak, bermental kuat, dan tangguh, serta menciptakan etos kerja yang produktif di berbagai bidang keahlian. Maka dibukalah beberapa fasilitas seperti laboratorium, komputer, bahasa, salon kecantikan, lapangan olah raga. Dengan harapan selain mampu mengembangkan kreativitas, inovatif dan adaptif juga mampu bersikap dedikatif terhadap profesi yang ditekuni selama belajar di SMKN 6 Yogyakarta. Dimana lulusan dari sekolah satu ini benar-benar meluluskan peserta didik yang meningkatkan pengembangan potensi dan bakat peserta didik.

Adapun beberapa program kerja di sekolah yaitu ketercapaian Tujuan, Manajemen dan organisasi, ketenagaan dan kurikulum. Dimana para siswa mampu menunjukkan prestasi kerja tingkat daerah maupun nasional.
Peragaan Hasil Baju Karya pelajar SMKN 6 Yog (foto: elisa)
Bentuk sekolah kejuruan yang dapat di perhitungkan, SMKN 6 Yogyakarta sering mendapatkan beberapa penghargaan. Tahun 2008-2009 juara 1 dan 2 basket putri tingkat propinsi. Juara 1 Akomodasi Perhotelan tingkat propinsi. Juara 1 pelayana restoran,  juara 1 tata kecantikan rambut. Juara 3 Cookery dan juara 1 restoran servis masing-masing di tingkat propinsi.
Tahun 2009-2010 antara lain juara 2 tingkat regional lomba penulisan ilmiah sejarah. Juara 1 tata kecantikan rambut tingkat Propinsi lomba ketrampilan siswa. Juara 1 tata kecantikan kulit tingkat propinsi. Juara 1 karya ilmiah siswa tingkat kota, dan juara 2 Pastry tingkat propinsi.
“Selama belajar di SMKN 6 Sukanya adalah kedisiplinan. Karena kedisiplinan itulah yang membuatku tepat dan menghargai waktu”. Tutur Nashoikhud Diniah, gadis yang biasa di sapa Diniah ini.
Selain fasilitas, kegiatan yang di tawarkan adalah Ekstrakurikuler. Antara lain peleton inti, pramuka, pencak silat, seni tari, karya ilmiah, debat bahasa inggris, bola basket dan bola voli. Kemudian seiring banyaknya peserta yang memasuki sekolah kejuruan diadakan ekstra tambahan seperti ekstra teater dan PMR. (Elisa)

Dimuat di Tabloid BIAS
Edisi 7, 2011
SMK N 6 YOGYAKARTA : SAKSI SEJARAH YOGYAKARTA SMK N 6 YOGYAKARTA : SAKSI SEJARAH YOGYAKARTA Reviewed by Elisa ELisa on Saturday, February 09, 2013 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.