SMK Budhi Dharma Boarding School : Sekolah Kejuruan Yang Fokus Pada Pendidikan Keagamaan dan Karakter

 SMK Budhi Dharma Piyungan kini berubah menjadi SMK Budhi Dharma Boarding School Piyungan. Sekolah kejuruan yang berlokasi di jalan Nasional III Plesedan, Srimartani, Piyungan, Bantul ini pun juga ada yang menarik.


Kepala Sekolah SMK Budhi Dharma Boarding School Piyungan, Drs Sudirman menceritakan bahwa sekolah ini memiliki dua jalur pendidikan. Pertama jalur regular dan jalur pondok (Boarding School). Khusus kegiatan jalur pondok, tentunya peserta didik mondok disekolah, rerata mereka berasal dari luar Yogyakarta.

“Ada yang dari Malaysia dan ada juga yang dari luar pulau jawa,” tegasnya.

Khusus sekolah jalur pondok, jam belajar diawali dari pagi sampai pukul 14.30 WIB. Anak-anak istirahat sejenak, kemudian dilanjutkan b keagamaan mulai pukul 15.00 WIB sampai bakda Isya. Di pagi harinya, sejak subuh, hingga pukul 6 pagi diisi kegiatan keagamaan. Setelah masuk jam sekolah, belajar secara regular.

Metamorfasa SMK Budhi Dharma menjadi Boarding School tentunya gebrakan yang berani. Karena sejak awal fokusnya adalah sekolah Swasta berbasis kejuruan. Karena alasan minat masyarakat didekat sekolah, dan mulai muncul sekolah negeri yang lebih bergengsi di sekitar SMK Budhi Dharma, maka akhirnya mengambil jalur boarding school.

Sudirman menambahkan bahwa sejarah kenapa menjadi SMK Budhi Dharma Boarding School dilandasari oleh alasan klasik. Salah satunya alasan angkutan umum yang sulit, karena berada di jalan utama dan ditikungan jalur mau ke Bukit Bintang.

“Alhamdulillah, setelah diboarding siswanya pun tahun ini mengalami peningkatan,” imbuhnya.

Latar belakang lain kenapa adannya bording school yang kental terkait dengan unsur pendidikan karakter, Sudirman menegaskan ini salah satu upaya guru meningkatkan lulusan yang terbaik. Jadi sekarang tidak hanya fokus pada kejuruan saja, tetapi juga fokus dengan memberikan pendidikan karakter dan memasukan keagamaan.

Upaya lain meningkatka pendidikan karakter bagi peserta didik, yang dilakukan oleh pihak sekolah adalah, dengan mendatangkan narasumber dari luar guru di SMK Budhi Dharma Boarding School. Jadi kami mendatangkan alumni-alumni yang sudah sukses, untuk mengisi dan memotivasi adik-adiknya. Tujuannya agar membukakan wacana dan sudut pandang. Biasannya acara ini dilakukan setiap bulan terakhir di sabtu terakhir.

“Karena ketika kita mendatangkan dari orang luar guru, anak lebih bisa mendengarkan, dibandingkan ketika guru-guru yang berbicara,” tambah Bu Mukirah, yang mendampingi Kepala Sekolah.

Terkait dengan ekstrakurikuler di SMK Budhi Dharma, ada beberapa kegaitan, seperti ekstra public speaking, Pramuka, kerawitan, pramuka dan olahraga. (Elisa)

Dipublikasikan di Tabloid Bias, Edisi 2, 2019
SMK Budhi Dharma Boarding School : Sekolah Kejuruan Yang Fokus Pada Pendidikan Keagamaan dan Karakter SMK Budhi Dharma Boarding School : Sekolah Kejuruan Yang Fokus Pada Pendidikan Keagamaan dan Karakter Reviewed by elisa on Friday, March 31, 2023 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.