Bersepeda keliling Yogyakarta, Mengapa Tidak?

 Kini wisatawan punya kesempatan untuk berkeliling Malioboro menggunakan sepeda setelah dirilisnya aplikasi Jogjabike. Kehadiran Jogjabike untuk memfasilitasi wisatawan menikmati Kota Jogja. Keberadaan bike sharing berbasis daring lokal Indonesia akhirnya hadir di Kota Yogyakarta. Jogjabike bekerja sama dengan Pemkot Yogyakarta dalam program Jogja Ada sepeda, Jogjabike menghadirkan sebuah sepeda smart khas Jogja yang tahap awal berada di ikon wisata Malioboro. 


Jogjabike merupakan fasilitas sepeda daring dengan skema bikesharing, yang hadir berkat kerja sama startup lokal dengan Pemerintah Kota Yogyakarta. Bahkan dalam penggunaan fasilitas sepeda yang disediakan, tidaklah rumit. Pengunjung diwajibkan menginstal aplikasi yang memilki nama yang sama dengan fasilitasnya, Jogjabike, sebgai kunci untuk mengendarai sepeda. Sebagai tahap awal, pengelola Jogjabike dan Pemkot Jogja menyediakan 20 sepeda yang tersebar di titik penyimpanan, seperti di pangkal jalan Malioboro, depan hotel Inna Garuda Malioboro, Kepatihan, Pasar Beringharjo dan Titik Nol Jogja. Sama seperti aplikasi daring lainnya, Jogjabike juga menyediakan peta, serta titik keberadaan kita saat menggunakan sepeda, bahkan Jogjabike juga menyediakan informasi tentang jumlah sepeda yang tersedia pada masing-masing shalter atau halte.

Tentu saja dalam penggunaannya, sepeda memiliki beberapa peraturan yang harus ditepati oleh setiap pengunjung, maksimal penggunaan lima jam misalkan. Selain itu penggunaan sepeda juga dibatasi jaraknya, hanya sekeliling Malioboro hingga Keraton Yogyakarta. Meski ada beberapa peraturan, semua tidak mengurangi jumlah pengguna sepeda, justru pengguna sepeda semakin bertambah setiap hari, bahkan ada beberapa pengunjung yang meminta jumlah sepeda untuk segera ditambah.

Ada pun sepeda yang digunakan adalah sepeda yang identik dengan Jogja, yaitu menyerupai ontel Jawa. Penggunaan sepeda juga tidak dipungut biaya, setidaknya hingga akhir tahun 2018 ini. Tetapi sepeda idak bisa dioperasikan dua puluh empat jam full, sepeda hanya dapat digunakan mulai pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Bagi yang tertarik menggunakan fasilitas ini, silahkan untuk mengunduh aplikasi Jogjabike di App Store dan melakukan registrasi. Setelahnya, tinggal mengetuk device pada stang sepeda yang tersedia hingga menyala, tunggu hingga muncul keterangan “saya siap pindai QR”. Setelahnya pindai QR Code untuk unlock perangkat sepeda dari ShelterPit untuk bisa digunakan berkeliling jalan Malioboro. Setelah selesai berkeliling, kamu diharapkan bisa mengembalikan ke ShelterPit terdekat, memasang sepeda di dock yang kosong dan menguncinya. 

Ke depannya, diharapkan jumlah sepeda yang tersedia bisa mencapai 1,000 sepeda yang bisa disebar di berbagai fasilitas publik dan destinasi wisata yang ada di Jogja. (Chicillia Rosa Linda, Mahyastuti Kusumawardhani)


Dipublikasikan di Tabolid BIAS, Edisi 2, 2019.


Bersepeda keliling Yogyakarta, Mengapa Tidak? Bersepeda keliling Yogyakarta, Mengapa Tidak? Reviewed by elisa on Wednesday, January 26, 2022 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.