Komunitas Wikipedia Jawa: Tempat Menulis Sekaligus Melestarikan Bahasa Jawa


Komunitas Wikipedia Jawa diciptakan oleh Revi Sukatno sejak 2004, pada akhirnya ribuan orang bergotong-royong membangun Wikipedia Jawa dan menghasilkan lebih dari 50.000 artikel sampai saat ini. Wikipedia merupakan ensiklopedia di dunia internet yang dapat disunting siapa saja. Berdirinya Wikipedia didasari pemikiran bahwa setiap orang bebas dan gratis berpengetahuan tanpa dibebani biaya dan dengan harapan siapa pun yang mendapatkan manfaat dari Wikipedia kemudian dapat menjadi volunteer atau kontributor sukarela dalam berbagi ilmu.
Foto: Wikipedia
Saat ini, Wikipedia telah tersedia dalam 285 bahasa, salah satunya ialah Bahasa Jawa. Wikipedia merupakan salah satu proyek yang berada di bawah Wikimedia Foundation. Sedangkan Komunitas Wikipedia Jawa ialah perkumpulan semua orang yang mendukung perkembangan Wikipedia Jawa. Di Yogyakarta sendiri, komunitas ini tergolong komunitas baru. Pasalnya, meskipun sudah berkegiatan sejak Bulan Oktober 2015, Wikipedia Jawa baru diresmikan pada tanggal 3 Mei 2017.
Sejak peresmian Wikipedia Jawa, ruang komunitas Wikipedia yang dijuluki “Omah Wikipedia” juga mulai dilestarikan oleh para pengurusnya. Omah Wikipedia beralamat di Mranggen Kidul No. 65-I, RT 7 RW 27, Sinduadi, Mlati, Sleman, 55284. Cahyo Ramadhani, ketua pengelola atau yang komunitas ini sebut dengan Manajer Mrebawani II menceritakan bahwa kegiatan Wikipedia Jawa selama ini yang utama ialah nge-wiki atau menulis artikel bersama-sama. Omah Wikipedia juga menyediakan bahan untuk menulis sekaligus membaca dan jaringan nirkabel (wifi), sehingga berbeda dengan rumah baca kebanyakan, setelah membaca diharapkan orang yang berkunjung di tempat ini bisa mengekspresikan menjadi tulisan, apapun bentuk tulisannya. Tempat ini menjadi ruang bagi siapa saja yang ingin menekuni cara berwikipedia (Wikipediawan).
Menjadi seorang Wikipediawan ternyata sangatlah mudah. Caranya yaitu buatlah akun Wikipedia, buka situs Wikipedia Jawa di jv.wikipedia.org lalu klik menu “Gawe Akun” yang terdapat di atas layar. Akun tersebut dapat pula digunakan di situs-situs Wikipedia berbagai bahasa sedunia dan situs-situs saudara Wikipedia tersebut. Selain itu, hal terpenting lainnya ialah jangan sampai lupa kata sandi milik kita tersebut.
Cahyo Ramadhani menuturkan harapannya kepada BIAS, ia berharap masyarakat di era modern saat ini mampu lebih bijak dan cerdas dalam bermain sosial media, juga tidak mudah termakan hoax. Selain itu, ia juga berharap dengan adanya Wikipedia Jawa, masyarakat khususnya anak muda mampu menjadikannya sebagai media literasi yang edukatif dan mampu menularkan semangat dalam membaca maupun menulis.
Wikipedia Jawa dapat ditemukan di akun-akun sosial media di bawah ini:
Facebook: @jvwiki ; Twitter: @jvwiki ; Instagram: @jvwikipedia dan di email jawa@wikimedia.or.id. Selamat nge-wiki, teman-teman BIAS! (Retno Widiastuti)


Dipublikasikan Tabloid BIAS, Edisi 1, 2017
Komunitas Wikipedia Jawa: Tempat Menulis Sekaligus Melestarikan Bahasa Jawa Komunitas Wikipedia Jawa: Tempat Menulis Sekaligus Melestarikan Bahasa Jawa Reviewed by Unknown on Friday, February 01, 2019 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.