Basmi Nyamuk dengan Bahan Alami


Bagaimana perasaanya ketika dalam waktu santai istirahat bersama keluarga di malam hari terganggu oleh nyamuk? Pasti akan timbul rasa kesal. Dengan cepat selalu mencari cara untuk mengusir atau membasmi nyamuk tersebut. Salah satu cara yang biasa dilakukan seperti memanfaatkan obat nyamuk, baik obat nyamuk bakar, semprot maupun elektrik.
Foto: Istimewa
Banyak di antara kita yang masih acuh dan tidak sadar bahwa obat nyamuk yang biasanya kita manfaatkan ternyata mengandung zat-zat berbahaya seperti S-2, nikotin, polutan, Pyrethrum, Formaldehida, Octachlorodipropyl Eter, Karsinogen, serta DEETII. Cobalah membuat obat nyamuk dengan bahan alami yaitu daun serai. Manfaat dari daun serai adalah mengusir nyamuk dengan aromanya. Aroma daun serai ini mampu membuat nyamuk enggan mendekat. Daun serai begitu mudah didapatkan maka kita tidak akan mengalami kesulitan untuk mengusir nyamuk dengan memanfaatkannya. Berikut bahan dan alat-alat yang perlu disiapkan: Daun Serai, Pisau dan Talenan, Blender,  Mangkuk, Gelas, Saringan, Botol biasa, Penyemprot (Sprayer), dan Corong.

Cara Membuat :

1.    Potong akar serai, pisahkan dengan batang dan daunnya.
2.    Cuci bersih batang dan daun serai.
3.    Potong kecil-kecil daun dan batang serai tersebut, usahakan sampai potongan terkecil.
4.    Jemur potongan serai tersebut sampai benar-benar kering. Jika tidak ada panas matahari, dapat memanfaatkan memakai oven untuk mengeringkan.
5.    Rendam 1 ons potongan serai kering tersebut dengan air sebanyak 25 ml selama 24 jam dalam mangkuk / botol. (25 ml kira-kira 1/8 gelas beling).
6.    Saring hasil rendaman untuk ambil airnya, sisa serai / ampasnya dibuang.
7.    Tuangkan air serai yang sudah disaring ke dalam botol.

Cara Pemakaian :

1.      Encerkan air ekstrak serai di atas dengan perbandingan 1:3. Jadi, 25 ml ekstrak serai diencerkan dengan air sampai 100 ml.
2.      Masukkan dalam botol penyemprot (sprayer) atau bisa menggunakan penyemprot bekas parfum atau sejenisnya.
3.      Semprotkan pada ruangan yang dikehendaki, setelah itu tutup ruangan selama 15 menit.
4.      Ruangan siap untuk dipakai. (Linda)

Dipublikasikan Tabloid BIAS, Edisi 4, 2017
Basmi Nyamuk dengan Bahan Alami Basmi Nyamuk dengan Bahan Alami Reviewed by Unknown on Tuesday, February 05, 2019 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.