Enji Megapaswati Theoranda Go Internasinal Harumkan Pertiwi



            Kali ini, kitapun yakenalan barudari SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta, cewek, cantik, pinter, baik pula, nama Enji Megapaswati Theoranda. Cewek yang saat ini duduk dikelas XII IPA 1, punya segudang prestasi. Bahkan tahun ini, diamengikuti pertukaran pelajar ke Thailand, eits nggak cumin itu, Enji juga berhasil mewakili Indonesia untuk pergi ke Singapura dalam  rangka Lomba Menyanyi tingkat Internasional. Tapi sejuta tapi, cewek putih ini punya kembaran lhooo. Kembarannya juga nggak kalah pinter kayak Enji. Uniknya setiap diadakan lomba kedua selalu ikut, “Iya pasti ikut berdua, malahcabang lomba kadang sama, tapi kadang juga beda sih, cumin lebih sering samanya sih.” Tuturnya mengenai lomba yang diikutinya oleh kembarannya ini. Tapi meski terkadang mereka satu cabang lomba, mereka nggak pernah saling menjatuhkan, justru mereka saling support.



“Wah, nggak ada kata menjtauhkan dikamusku, dek. Malah kalau kita ikut lomba di cabang yang sama kita malah jadi saling support, dan mungkin buat beberapa orang kalau saudaranya juga ikut lomba itu malah jadi saingan terbesar, tapi kalau aku nggak sama sekali, malah seneng aku kalau kembaranku ikut, jadi ada temennyakan, dek kalau kayak gitu.” jelasnya.
            Setiap lomba sudah pasti, juri memilih yang terbaikdari yang terbaik, dan terkadang yang kalah merasa tidak adil, apalagi kalau yang menang saudaranya sendiri, tapi itu pengecualian buat Enji. “Aku nggak ngerasa iri sama sekali sih kalau sampe Richel yang menang, malah aku seneng banget kok,  kalau saudaraku menang. Karena kita udah satu paket, jadi udah nggak bisa dipisahin, kalau Richel seneng, aku ya ikut seneng, juga sebaliknya kalau aku seneng, Richel juga ikut seneng. Jadi nggak ada kata iri sama sekali, karena jangan ada iri diantara kita, gitu dek, hehehehe,”jelasnya sambal ketawa ringan. Enji juga punya tips-tips belajar, apalagi kalau lagi belajar sama kembarannya.
“Cara belajar kita kebetulan sama dek, kita paling suka ngehafal, makan ya sistem belajar kita menghafal. Bahkan kadang kita satu kamar buat belajar, ya biar ada yang nemenin gitu dek. Sama kita ngelakuin yang susah banget anak-anak lain lakuin, ya kadang kita juga susah sih,,hehehehe,,,, ngejauhi ngangguan belajar, kayak HP, televisi, dan lain-lain yang mengganggu aktivitas belajar kita.” Tuturnya dalam menyampaikan tips-tips belajarnya. Bahkan, Enji dan kembarannya ini juga ikut organisasi IPM, atau OSIS kalau disekolah dengan standar negeri. Mereka juga kadang pulang malem, tapi yang namanya belajar, tetep nomer satu. “Kalau dibilang sibuk sih, sibuk banget, dek.Nggak jarang juga kita pulang malem. Tapi kalau belajarya pasti tetep jalan. Sekalipun itu harus nimbus sampe jam 12 apa jam 1 malem, buat kita itung gak masalah.” tambahnya. Sibuk dengan kegiatan bukan menjadi penghalang Enji buat mengembangkan hobinya. “Pasti ada dong waktu buat hobi. Bahkan salah satu hobiku mengantarkan aku kelomba-lomba tingkat nasional, maupun kegiatan-kegiatan nasional tahun ini, kayak waktu ada acara‘BBM :Belajar Bersama Maestro’ nggakn yang kabangetaku, karena hobiku ini, aku berkesempatan mewakili Provinsi D.I.Y dalama cara tersebut, dan ternyata acara itu dibimbing langsung oleh Eyang Titik Puspa. Jadi kembangkanlah hobi mu, karena lewat hobi kita bisa berkarya dan pasti membanggakan nama orang tua dan sekolah tentunya.” Kata cewek yang memilki cita-cita menjadi dokter ini.
            “Harapannya buat remaja di luarsanaya,Gini aku juga remaja, aku juga punya hobi, punya kebiasaan. Tapi dari sekian juta hobi yang ada untuk kita, pilihlah hobi yang bermanfaat untuk kedepannya, mungkin kita belum bisa ngerasain dampak dari hobi kita yang sekarang, tapi coba kalau kita udah dewasa, hobi itu bakal kerasa banget manfaatnya, dan aku yakin dai hobi yang positif itu dampaknya juga pasti positif. Tapi juga jangan lupa belajar, capek belajar? Udah pasti, rasanya males gitu kalau udah capek, udah ngantuk, tapi inget waktu itu nggak capek buat ngejar kita, buat bikin kita menyesal, jadi gunkan waktu kalian sebaik mungkin, gunakan waktu kalian untuk hal-hal yang bermanfaat dan membanggakan. Cari temen juga hal yang penting dalam kehidupan remaja, kenapa aku bilang gitu? Soalnya aku sendiri ngerasain, temen yang mendukungku setiap langkahku, efeknya gimana sama aku, atau temen yang selalu mencegahaku untuk bertindak giman efeknya sama aku, makanya cari temen itu penting banget dalam kehidupan remaja. Turuti kata guru, kata orangtua, karena mereka akan selalu mengarahakan ke jalan yang baik, tanpa kita sadari. Oya sama satu lagi, maaf ya kebanyakan hehehe,,,,sebelum berpasrah diri samaTuhan, usaha dulu, karenaTuhan nggak akan memberikan hasil yang baik, kalau umatnya sendiri belum berusaha. Usahanya dulu semaksimal mugkin, kalau udah usaha berdoa sama Tuhan, berpasrah diri aja samaTuhan, yakin kalau Tuhan akan kasih kita hasil yang terbaik, Tuhan itu nggak tidur, Tuhan tau mana yang cuman main-main dan mana yang serius buat ngejar mimpinya, kalau udah berpasrah diri, syukuri apa yang kamu dapat, baik sempurna atau jauh dari kata sempurna hasilnya. Mungkin itu pesan buat remaja diluar sana, maaf ya kalau kebanyakan hehehe,” ujarnya sambil tertawa.
            Banyak banget ya yang kita dapet dari Enji ini, mulai gimana cara dia dan kembarannya belajar, sampai pesan-pesan yang dia berikan untuk remaja Yogyakarta. (Mahyastuti)


Dipublikasikan di Tabloid BIAS Edisi 4 | 2017
 
Enji Megapaswati Theoranda Go Internasinal Harumkan Pertiwi Enji Megapaswati Theoranda Go Internasinal Harumkan Pertiwi Reviewed by Elisa ELisa on Tuesday, March 13, 2018 Rating: 5

Sahabat

Powered by Blogger.