Cara Menggali dan Mengembangkan Potensi Diri



Setiap manusia diciptakan dengan memiliki kelebihan dan kekurangan pada diri mereka masing-masing. Hanya saja masih banyak yang belum mengenal kelebihan pada diri mereka, sehingga potensi-potensi tersebut menjadi terpendam. Bagi mereka yang berinisiatif dan mampu mengelola potensi mereka maka akan meraih kesuksesan, prestasi dan lebih maju dari pada yang hanya berdiam diri. Akan tetapi untuk mengenali potensi diri, tidaklah semudah dengan yang dibayangkan dan diucapkan. Butuh kepekaan dan usaha untuk mengenalinya. Berikut tips untuk menggali potensi anda yang terpendam selama ini.
1.    Kenali Hal Yang Disukai
Setiap individu pasti memiliki hobi masing-msing dan terkadang hobi atau minat tersebut dapat mendatangkan hal yang positif baginya. Ketika seorang menyukai suatu hal pasti dia akan melakukannya dengan senang hati. Nah, dari hobi tersebutlah terkadang potensi tersembunyi. Misalnya saja, seorang yang suka menulis maka ia pasti akan menulis apapun dengan sepenuh hati dan tanpa disadari ia berpotensi jadi penulis.
2.    Tekuni Minat dan Kemahiran Anda
Setiap orang di dunia ini pasti memiliki minat dan menjadi suatu kemahirannya. Nah hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk menggali potensi diri anda. Misalkan seorang yang mempunyai minat dalam menulis maka dirinya bisa menekuni atau membiasakan dalam biang menulis. Sehingga hal tersebut dapat dijadikan media untuk menemukan potensi yang sesungguhnya.
3.     Dapatkan Motivasi Hidup
Setiap manusia mempunyai motivasi tersendiri untuk menentukan hidupnya. Terkadang ada yang bergantung terhadap motivasi hidupnya. Coba kenali dan resapi apa yang sesungguhnya menjadi motivasi hidup anda, sehingga dapat memberikan dukungan dan semangat bagi mu.
4.    Hindari Berfikir Negatif
Setiap manusia normal pasti bisa berfikir, entah dalam fikiran negatif ataupun fikira positif. Sedang, perlu diketahui bahwa berfikir negatif tidak berguna sama sekali justru hal tersbut akan menghambat dalam menggali potensi diri. Maka, anda harus membuang setiap hal buruk dari fikiran anda jika masih ada rasa untuk meraih kesuksesan.
5.    Mantapkan Tekad Anda
Apa yang menjadi tujuan anda dalam kelangsungan hidup? Apa yang akan anda lakukan untuk meriah tujuan tersebut? Mantapkan dan bulatkan tekad anda untuk merealisasikan tujuan hidup anda. Sebab, manusia yang hidup tanpa tujuan yang jelas hanyalah sebuah sia-sia saja. Ingatlah bahwa menggapai tujuan hidup anda maka akan berpengaruh terhadap potensi diri. (Dhea Anisa)

Dipublikasikan di Tabloid BIAS Edisi 3 | 2017
Cara Menggali dan Mengembangkan Potensi Diri Cara Menggali dan Mengembangkan Potensi Diri Reviewed by Elisa ELisa on Sunday, March 04, 2018 Rating: 5

Sahabat

Powered by Blogger.