google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Fenomena Saat Terjadi Gerhana Matahari - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Fenomena Saat Terjadi Gerhana Matahari

Fenomena Gerhana Matahari (GM) pada 09 Maret 2016 Merupakan fenomena langka yang hanya terjadi 33 tahun sekali. Seperti yang dirasakan oleh Gita Tarakanita, siswi dari SMK Kesehatan Sadewa merasa takjub, pertamakali melihat Gerhana Matahari seumur hidupnya. “Walaupun di Jogja tidak mengalami GM Total, tapi tetap keren,” imbuhnya takjub.
Foto : Zayid
Perihal Gerhana Matahari yang terjadi, Gita lebih percaya bahwa terjadinya proses gerhana matahari disebabkan oleh penjelasan Ilmiah. Ia kurang setuju dan tidak percaya perihal mitos dan hal gaib dan tidak ada bukti secara alamiah saat terjadinya gerhana matahari. Meskipun demikian, Gita tetap menghargai mereka yang perndapat non ilmiah “Bagaimanapun juga, kita harus menjaga dan melestarikan budaya dan peninggalan nenek moyang kita lewat mitos-mitos yang ada. Soal kepercayaan adalah hak mereka, jadi kita harus bisa menghargai juga,” paparnya.
Berbeda dengan Aska Firda Tausiyah, siswa MAN 1 Wonosari, saat terjadi Gerhana Matahari, ia memilih menikmatinya di Geo Forest turunan,Imogiri. Hal menarik bagi Aska yang berhasil ia amati ketika Gerhana Matahari di Imogiri. Ia mengamati masyarakat daerah Imogiri masih ada beberapa masyarakat yang memukul kentongan ataupun alat tradisional yang masih dipercaya supaya mengusir roh-roh jahat. Hal ini juga diiyakan oleh Muhhamad Yafi, Siswa dari SMK Muhamadiyah 2 Imogiri.
Menurut pemaparan Yafi, beberapa masyarakat Imogiri masih ada yang mempercayai dengan memukul kentongan supaya matahari tidak dimakan oleh makhluk halus atau roh jahan. Meskipun demikian, Yafi sebagai orang yang mempercayai adannya Tuhan YME dia lebih mempercayai penjelasan secara Ilmiah, dan tidak menimbulkan kesyirikan.   

Fenomena saat terjadi Gerhana Matahari sebagian warga Imogiri memukul kentongan. Berbeda yang terjadi di PASTY, beberapa mahasiswa dan dokter hewan mengamati tingkah dan sikap hewan yang ada di sana ketika terjadi matahari. Lain tempat, lain lagi. Di Tugu Yogyakarta, sebagian melakukan sholat Gerhana Matahari. Sedangkan di tempat tinggal penulis, juga dilakukan sholat Gerhana disetiap mushola dan masjid secara serentak.  (Elisa, Dhea)
Fenomena Saat Terjadi Gerhana Matahari Fenomena Saat Terjadi Gerhana Matahari Reviewed by Elisa ELisa on Tuesday, February 21, 2017 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.